Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Monitoring Giat Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 17 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Tarutung, 16 Oktober 2023. Dalam rangka pemantauan Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan Konservasi Tahun 2023, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu, S.Si, M.Si didampingi Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar Buana Darmansyah, S.Hut.T, Kepala Bidang Teknis Dr. Fifin Nopiansyah, S.Hut, MP. dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung Manigor Lumban Toruan, SP. melakukan kunjungan ke kelompok masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi SM. Dolok Surungan, selama 2 hari pada Selasa dan Rabu 10-11 Oktober 2023.

Kelompok tani yang pertama dikunjungi adalah  Kelompok Tani Bintang Jaya di Desa Meranti Utara dan Kelompok Tani Manis Ujungna di Desa Meranti Tengah, pada Selasa 10 Oktober 2023, dimana kedua kelompok ini berkumpul di aula kantor Kepala Desa Meranti Utara untuk melakukan penandatanganan Kesepakatan Konservasi (Keskon) dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara berkesempatan menyaksikan proses penandatanganan  Keskon tersebut dan selanjutnya berdiskusi dengan kelompok masyarakat. Beberapa hal disampaikan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, antara lain bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dengan jaminan kelestarian kawasan hutan. Oleh karena itu masyarakat harus ikut merasa memiliki kawasan hutan sehingga akan selalu menjaga dengan baik apa yang dimiliki. 

“Menjaga kawasan hutan konservasi memang sudah menjadi tanggung jawab Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diberi mandat oleh pemerintah, namun hal tersebut akan sulit dijalankan jika masyarakat di sekitar kawasan masih belum sejahtera. Oleh karena itu pemerintah membuat program pemberdayaan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan ini merupakan stimulus agar masyarakat lebih bersemangat lagi berusaha meningkatkan taraf hidup. Hal yang paling penting kelompok harus solid,” ujar Rudianto

Selanjutnya Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama Tim mengunjungi Kelompok Tani Martuasi di Kelurahan Parsoburan Tengah, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba pada Rabu 11 Oktober 2023. Kelompok tani ini  merupakan salah satu kelompok masyarakat di Wilayah Kerja Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar yang sudah menerima dana bantuan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tahun Anggaran 2023. Kelompok Tani Martuasi sudah membelanjakan dana tersebut untuk pembelian 2 (dua) unit mesin Hand Traktor, dimana pada tanggal 27 September 2023 yang lalu sudah dilakukan serah terima bantuan oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar kepada Kelompok Tani Martuasi. 



Seperti kunjungan sebelumnya, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara juga melakukan diskusi dengan pengurus dan anggota kelompok tani. Beberapa hal disampaikan  kepada kelompok tani, diantaranya kelompok harus mengatur mekanisme penggunaan dan pemeliharaan alat yang disepakati oleh semua anggota kelompok. Pengurus juga diharapkan bertanggung jawab dan transparan serta  menjaga apa yang sudah disepakati dan berkomitmen untuk menjalankannya. Tim dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara berkesempatan menyaksikan langsung uji coba penggunaan alat.

Kunjungan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara mendapat respon yang sangat baik dari pemerintah desa maupun dari kelompok masyarakat. Masyarakat terlihat bangga mendapat kunjungan dari Pimpinan Lembaga Pemerintah yang sangat jarang mereka dapatkan. Melihat langsung dan mendengarkan cerita mereka, semoga menjadi motivasi dan inspirasi serta menambah semangat masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan menuju kehidupan yang lebih baik. “Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera”. 

Sumber : Lisbeth Manurung, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Muda) – Balai besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini