Evakuasi dan Pelepasliaran Ular Sanca Kembang Tujuh Meter di TN Tesso Nilo

Jumat, 06 Agustus 2021

Ukui, 5 Agustus 2021 - Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) amankan satwa ular hasil aduan masyarakat di Desa Widuri – Ukui 2. Satwa ular dengan jenis sanca kembang (Python reticulatus) ditemukan masyarakat di wilayah pemukiman dan kemudian melaporkannya ke petugas Balai TNTN, Kamis (5/8/21).

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Balai TN Tesso Nilo dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB). Kepala Resort Air Sawan Lancang Kuning, Dedi Ariska, S.Hut dan tim kemudian  mendatangi rumah warga dan mendapati satwa ular sanca kembang dengan panjang sekitar 7 meter.

Petugas kemudian membawa ular sanca raksasa tersebut ke Kantor SPTN Wilayah I LKB  untuk penanganan awal dan pemeriksaan kesehatan. Melihat kondisi ular sanca kembang yang baik dan sehat, kemudian petugas memutuskan untuk langsung melepasliarkan satwa ular ke dalam kawasan TN Tesso Nilo.

Balai TN Tesso Nilo memberikan apresiasi setinggi-tinggi nya terhadap masyarakat Desa Widuri - Ukui 2 atas kontribusi dan laporannya terhadap satwa dilindungi tersebut. Balai TN Tesso Nilo juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan ke petugas jika menemukan satwa liar berada dalam lingkungan pemukiman agar segera diamankan oleh petugas.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini