Berbagi Pengalaman Pengelolaan Kawasan TN Bukit Tigapuluh Dengan Kekuatan Data Spasial

Jumat, 06 Agustus 2021

Jambi, 6 Agustus 2021. Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dalam pengelolaan kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh sejak tahun 2018 telah menggunakan SMART (Spasial Monitoring and Reporting Tools) Patrol. Dengan bekal pengalaman, pemahaman dan kemampuan dalam implementasi SMART-Patrol, dua orang pegawai Balai TNBT menjadi trainer pada Pelatihan SMART Patrolling bagi Field Officer Multi Organisasi: Inisiatif Kolaborasi dalam Perlindungan Kawasan Landskap Bukit Tigapuluh Terpadu dan Bersinergi yang berlangsung di BPPM PT. Wira Karya Sakti (WKS) Sungai Tapa, Tanjung Jabung Barat pada tanggal 03 s.d 05 Agustus 2021. Keduanya adalah Aidil Azhar dan Darmanto Ambarita, S.Hut  selaku operator SMART-RBM Balai TNBT.

SMART Patrol Training ini diadakan oleh KKI WARSI dan menjadi salah satu agenda dalam Platform Kolaborasi Bukit Tiga Puluh yang diikuti 15 peserta yang merupakan Field Officer di kawasan landskap Bukit Tiga Puluh yang terdiri dari KPHP Tebo Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, PT. Wirakarya Sakti, PT. Alam Bukit Tiga Puluh dan PT. Royal Lestari Utama. Peserta sangat antusias menerima sharing pengetahuan SMART Patrol dan sepakat untuk mengaplikasikan SMART Patrol dan menggunakan Cybertracker di wilayah kerjanya masing-masing yang nantinya dapat dijadikan sebagai langkah strategis dalam pengelolaan kawasan secara kolaboratif untuk mendukung kebutuhan data pengelolaan yang terdokumentasi dan terorganisasi dengan baik sebagai bahan pertimbangan penentuan kebiijakan dalam manajemen pengelolaan kawasan.

Sebagai informasi, SMART (Spasial Monitoring and Reporting Tools) Patrol merupakan sistem yang dapat memaksimalkan kegiatan patroli dengan menggunakan kekuatan data dan informasi berupa data spasial lokasi, data observasi fauna dan data aktifitas manusia dalam kawasan serta data waktu patroli.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini