Kawal Sampai Kondusif, BBKSDA Riau Mitigasi Konflik Gajah di Kecamatan Cerenti

Kamis, 29 Juli 2021

Pekanbaru, 31 Juli 2021 - Tim gabungan dari Seksi Konservasi Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN), TNI, POLRI  dan masyarakat Cerenti kembali melakukan mitigasi konflik Gajah sumatera  di Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi pada tanggal 25 -27 Juli 2021.

Penyisiran dilakukan kembali untuk mencari keberadaan gajah sumatera di sekitar pemukiman dan perkebunan sawit masyarakat Desa Kempas Berangin. Satwa gajah diketahui bergerak ke Desa Kempas Berangin karena digiring oleh Tim bersama masyarakat pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 dari Desa Kampung Baru, Kecamatan Cerenti.

Jejak dan keberadaan gajah akhirnya ditemukan berada di sekitar perkebunan sawit masyarakat. Tim bersama masyarakat melakukan penggiringan gajah namun saat melakukan penggiringan, gajah sumatera tersebut kembali memutar arah ke tempat semula karena jalan yang akan dilalui gajah dijaga oleh masyarakat Desa Kempas Berangin. Melihat situasi yang tidak kondusif, Tim menghentikan penggiringan dan mengajak masyarakat untuk berdiskusi ke arah mana yang lebih aman untuk melakukan penggiringan. Masyarakat meminta agar pinggiringan gajah sumatera diarahkan kembali ke hutan tanaman industri (HTI) melalui perkebunan sawit di sekitar Desa Pesikaian.

Setelah berkoordinasi dengan Sekcam Cerenti, Tim tetap memantau pergerakan gajah bersama masyarakat di sekitar perkebunan sawit Desa Kampung Baru dan Desa Kempas. Dari hasil pemantauan, Gajah liar tersebut sudah tidak lagi memasuki perkebunan sawit masyarakat dan sudah berada di sekitar perkebunan yang berbatasan langsung dengan HTI.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini