Agar Naik Kelas, BBKSDA Riau Latih Budidaya Jernang dan Agroforestry di Tiga Desa

Jumat, 30 Juli 2021

Pekanbaru, 30 Juli 2021 - Kepala Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Andri Hansen Siregar beserta jajarannya melakukan peningkatan kapasitas masyarakat dalam budidaya Jernang dan Agroforestry. Bentuk peningkatan kapasitas berupa pelatihan kepada masyarakat yang berada di desa sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling yaitu di Desa Aur Kuning, Desa Pangkalan Serai dan Desa Subayang Jaya, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar pada hari Senin s.d. Selasa, 26 s.d. 27 Juli 2021.

Dua narasumber pelatihan dihadirkan yaitu Bapak Ahmad Syaifuddin Putra (Staf Ahli Pengembangan Usaha Instansi Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia-Badan Advokasi Indonesia (LPK RI-BAI) Provinsi Riau yang menjelaskan tentang  budidaya Jernang dan  Bapak Takroni, S.Pd. (Ketua KTH Mandiri Gunung Jati, Kampar) yang menjelaskan tentang sistem agroforestry khususnya dengan tanaman lada.

Peninjauan kebun Jernang di tiga desa juga menjadi bagian dari bentuk pelatihan. Narasumber optimis melihat pertumbuhan Jernang dan memberikan saran untuk dilakukan lebih intensif. Pengelolaan yang intensif, maka Kampar Kiri Hulu dapat menjadi sentra tanaman Jernang di Provinsi Riau, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kiat pamungkas yang diberikan narasumber bahwa sangat diperlukan koordinasi semua pihak agar masyarakat desa dapat menjadi lebih sejahtera dan hutanpun terjaga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini