Ketua Penggerak PKK Lampung Timur Sambangi Program Patroli Gajah ERU Way Kambas

Kamis, 29 Juli 2021

Way Bungur, 28 Juli 2021 - Najarudin, Plh. Kepala SPTN Wilayah II Bungur, mewakili Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, menyambut kunjungan Ketua Penggerak PKK Lampung Timur (Istri Bupati Lampung Timur), Yus Bariah Dawam Raharjo, dan Wakil Ketua Ibu Huzaimah Azwar beserta rombongan ke Camp ERU (Elephant Respon Unit) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di desa Tegalyoso.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Camat Purbolinggo, Kepada PMD Lampung Timur, Kepala Desa Tegal Yoso, Kepala Desa Taman Fajar, Masyarakat dan Ibu-ibu PKK desa Tegalyoso dan Taman Fajar. Sedangkan dari TNWK, selain Plh. Kepala Seksi, hadir juga beberapa staf yang terdiri dari Penyuluh, PEH dan Polhut. Dalam Kunjungan tersebut, Najarudin menjelaskan tentang program dan kegiatan ERU Taman Nasional Way Kambas yang ada di perbatasan desa penyangga Tegal Yoso dan Taman Fajar. Selain itu dijelaskan juga beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat daerah penyangga yang dilaksanakan langsung oleh Balai TNWK maupun bersama para Mitra yang ada di TNWK.

Yus Bariah Dawam Raharjo menyampaikan terimakasih kepada Balai TNWK atas upaya penanganan gangguan gajah yang terjadi di masyarakat, “Kami berterimakasih kepada Balai TNWK dan ERU sudah membantu masyarakat dalam upaya penanganan gangguan gajah liar yang terjadi di desa-desa sekitar, mudah-mudahan TNWK terus dapat bekerjasama dengan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selanjutnya Istri Bupati dan rombongan meninjau destinasi wisata Alas Pring di desa Taman Fajar, yang merupakan salah satu desa binaan BTNWK  bersama mitra Komunitas untuk Hutan Sumatera (KHS) melalui program ERU. Di sini Istri Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan kawasan TNWK, “Saya mengajak kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa Taman Fajar dan Tegal Yoso untuk ikut serta menjaga kelestarian kawasan TNWK. Saya juga akan mengusulkan ke Pemda Lampung Timur untuk mengambil peran dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di daerah penyangga ini, pungkas Ibu Yus Bariah Dawam Raharjo.

Kita sangat berharap semakin erat sinergi antara masyarakat, Pemerintah Daerah dan BTNWK serta para mitra dalam menjaga dan mengelola alam lingkungan, termasuk mengelola hutan TNWK beserta isinya, yang di dalamnya ada gajah, badak dan satwaliar lainnya. Hidup berdampingan saling menjaga.

 

Sumber berita : Balai TN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini