BBKSDA Riau Bentuk Masyarakat Peduli Api di Dua Resort

Sabtu, 03 Juli 2021

Pekanbaru, 5 Juli 2021 - Cegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar/dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) pada Rabu dan Kamis, 30 Juni dan 1 Juli 2021. MPA yang dibentuk ini sebagai upaya meningkatkan peran, keterlibatan dan kepedulian masyarakat terhadap kawasan konservasi di sekitarnya.

Pembentukan MPA pada Rabu, 30 Juni 2021 dilakukan di desa sekitar kawasan Resort Kerumutan Selatan tepatnya di markas Manggala Agni Sumatera VII/Rengat, Kel. Pematang Reba, Kec.Rengat Barat, Kab Indragiri Hulu. 30 orang MPA terbentuk dari masing-masing 5 orang dari Desa Pulau Gelang, Desa Sungai Guntung Tengah, Desa Sungai Guntung Hilir, Desa Kampung Pulau, Desa Redang dan Desa Rantau Bakung.

Sedangkan pada Kamis, 1 Juli 2021, pembentukan MPA dilakukan di desa sekitar kawasan Resort Kerumutan Utara (Teluk Meranti) tepatnyan di aula Kantor Camat Teluk Meranti, Kec.Teluk Meranti, Kab. Pelalawan. 30 orang MPA juga terbentuk dari masing masing Desa/Kelurahan terdiri dari 6 orang yaitu dari Kel. Teluk Meranti, Desa Teluk Binjai, Desa Petodaan, Desa Mak Teduh dan Kel. Kerumutan.

BBKSDA Riau membekali anggota MPA dengan keterampilan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan teori dan praktek. Teori yang diberikan mengenai konservasi sumber daya alam dan ekosistem, dasar-dasar karhutla, kebijakan pengendalian karhutla, pencegahan karhutla berbasis masyarakat dan pemadaman karhutla. Sedangkan praktek dibagi menjadi pengenalan alat, pemadaman karhutla, simulasi patroli pencegahan karhutla dan simulasi pemadaman karhutla.

Sebagai informasi, kegiatan ini didukung Manggala Agni Sumatera VII/ Daop Rengat, Kepala SKW I Pangkalan Kerinci, Sekretaris Camat Teluk Meranti, Lurah Teluk Meranti, Kanit Binmas Polsek Teluk Meranti dan dihadiri Kanit Reskrim Polsek Rengat Barat, Babinkamtibmas Rengat Barat, Kepala Manggala Agni Sumatera VII/Rengat, MPA Desa Seko Lubuk Tigo, MPA Desa Talang Jerinjing.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini