Pentingnya Legalitas Kayu Untuk Pengrajin Mebel Sekitar TN Baluran

Rabu, 30 Juni 2021

Situbondo, 30 Juni 2021. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Balai Taman Nasional (TN) Baluran adalah Patroli Partisipatif Bersama Instansi/Stakeholder. Patroli digelar selama 6 hari mulai tanggal 24 s.d 29 Juni 2021 dengan fokus pada sosialisasi peraturan perizinan kayu jati kepada masyarakat (pengrajin mebeul), upaya menurunkan intensitas gangguan kawasan khususnya pencurian kayu jati dan sebagai upaya memutus mata rantai perdagangan kayu jati ilegal disekitar kawasan hutan TN Baluran.

Lokasi patroli berjarak kurang lebih 15 kilometer dari hutan TN Baluran tepatnya di Desa Jangkar Kec. Jangkar, Kab. Situbondo. Di Desa ini terdapat puluhan pengrajin mebel yang telah mulai usahanya sejak tahun 1990-an hingga sekarang. Pengrajin mebel dibekali pengetahuan mengenai syarat - syarat dan kelengkapan dokumen atas kayu yang harus dipenuhi. Sebagian besar pengrajin belum mengetahui tentang pentingnya kelengkapan dokumen atas kayu, sehingga Patroli Partisipatif Bersama Mitra Balai TN Baluran Tahun 2021 ini berdampak sangat positif bagi  pengrajin mebel dan masyarakat sekitar.

Pengrajin dan masyarakat sekitar berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan Balai TN Baluran secara berkelanjutan. Mereka siap menjalin hubungan intensif dengan Balai TN Baluran untuk mendapatkan arahan bimbingan agar usaha yang mereka jalankan terjamin keamanannya (legalitas usaha).

Sebagai informasi, Taman Nasional Baluran mempunyai kawasan dengan tegakan Hutan Jati. Kawasa hutan yang termasuk dalam zona rimba dengan luasan lebih kurang 5.600 hektar yang merupakan pelimpahan pengelolaan dari Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara pada Tahun 2018. Patroli partisipatif kali ini melibatkan stakeholder yang meliputi : Koramil Jangkar, Polsek Jangkar, Pusat Latihan Pertempuran (PLP) V Marinir Karangtekok, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Banyuwangi Cabang Situbondo, Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara-BKPH Asembagus dan Aparat Pemerintah Desa Jangkar.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Baluran

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini