Meninjau Calon Lokasi Pembangunan Pusat Kosenservasi Harimau Sumatera

Jumat, 25 Juni 2021

Pekanbaru, 25 Juni 2021 - Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian LHK yang terdiri dari Biro Perencanaan, Setditjen KSDAE dan Direktorat KKH, Ditjen KSDAE melakukan peninjauan lokasi Rencana Pembangunanan Pusat Konservasi Harimau Sumatera (PKHS) di SM. Giam Siak Kecil, Kab. Siak pada Kamis dan Jum'at, 17-18 Juni 2021.

Rencananya PKHS akan dibangun di kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil dimana area tersebut adalah area bekas kebakaran dan perambahan dengan kondisi aktual saat ini berupa semak belukar. Dengan kondisi dimaksud, kegiatan pembangunan sarpras PKHS tidak akan melakukan kegiatan yang dapat merusak ekosistem asli dan hutan primer yang ada disekitarnya. Lokasi mempunyai ketinggian yang cukup dibandingkan dengan area lain, dan sudah diperhitungkan dengan kondisi pasang surut air. Yang lebih penting, lokasi pengembangan sarpras berbatasan dengan wilayah jelajah Harimau Sumatera dimana nantinya akan dijadikan sebagai area pelepasliaran. 

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. P. 76/MenLHK-Setjen/2015 tentang Kriteria Zona Pengelolaan Taman Nasional Dan Blok Pengelolaan Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Hutan Raya Dan Taman Wisata Alam dijelaskan bahwa salah satu kegiatannya adalah pengembangan sarpras terbatas yang menunjang kegiatan pembinaan habitat dan populasi satwa.

Semoga dapat terwujud PKHS sebagai pusat konservasi yang dapat mendukung lestarinya Harimau Sumatera.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini