Menengok Si Cantik Nan Eksotik dari Negeri Hamparan Kelapa Dunia

Kamis, 24 Juni 2021

Pekanbaru, 24 Juni 2021 - Tim Balai Besar KSDA Riau berhasil membidik Burung Cangak Merah (Ardea purpurea) di kawasan yang diusulkan menjadi Kawasan Ekosistem Essensial (KEE) di Kabupaten Indragiri Hilir pada pertengahan Juni 2021.

Burung ini sangat menyukai daerah yang berlahan basah seperti mangrove, sawah, pesisir, danau dan aliran air ataupun berbukitan. Meskipun mereka berbadan besar dan tinggi, burung ini juga masih membuat sarang yang terbuat dari tumpukan ranting pada buluh rumput ataupun pohon kecil di atas permukaan air. Burung Cangak Merah (Ardea purpurea) secara umum tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan juga Nusa Tenggara.

Sebagaimana Burung pada umumnya, dia sangat menyukai biji-bijian, serangga dan juga makanan yang telah tersedia di alam seperti ikan, udang, berudu, katak, kadal, ular kecil, jangkrik, anggang-anggang, dan krustasea.

Keunikan Burung ini yaitu pada saat menangkap mangsanya dengan cara mengendap-endap  sendirian dan santai di sepanjang perairan dangkal dengan  posisi kepala merendah ke bawah dan ke samping. Mereka sering ditemukan berkoloni ataupun hidup soliter dalam sebuah kelompok besar. Burung ini sama dengan burung pada umumnya dalam proses perkembangbiakkannya, mereka  tergolong dalam binatang ovipar atau binatang yang bertelur untuk mempertahankan generasinya. Proses bertelur mereka kebanyakan di bulan Februari, Maret, Agustus dan Desember.

Mari kita jaga bersama ciptaan Tuhan yang mempesona ini. Salam lestari!

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini