Balai Besar KSDA Riau Amankan Alat Berat dalam Patroli di SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Selasa, 22 Juni 2021

Pekanbaru, 22 Juni 2021 - Pada Hari Rabu s.d Jum’at, 9 s.d. 11 Juni 2021, Tim Seksi Konservasi Wilayah I, Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan patroli teresterial pengamanan hutan di Kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling. 

Sebelumnya Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan pihak Desa serta tokoh masyarakat Desa Pangkalan Indarung. Tim yang didampingi tokoh masyarakat dan pemuda Desa Pangkalan Indarung melakukan patroli bersama ke kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling, berjalan kaki dengan medan cukup berat. Tim menemukan 12 unit bekas pondok pelaku pembalakan liar, kayu balok sebanyak 6 m3, 2 unit mobil penggerek log dan 4 unit sepeda motor pengangkut kayu olahan yang rusak, kayu olahan sebanyak 4 m3, 1 unit Chainsaw, dan 48 batang kayu bulat berdiameter 40-60 cm.

 

Memperhatikan temuan di lapangan, Tim memutuskan untuk melakukan pemasangan papan peringatan di pintu masuk dan di dalam kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling, pemusnahan pondok, pengrusakan kendaraan, kayu olahan dan mengamankan chainsaw ke kantor Balai Besar KSDA Riau. Selanjutnya Tim melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat agar menyampaikan kepada warganya untuk tidak melakukan aktivitas illegal apapun di dalam kawasan.

Keesokan harinya, Tim bersama tokoh masyarakat dan warga Desa Pangkalan Indarung kembali melakukan patroli dan penyisiran di daerah hulu Sungai Batang Kapas yang berada di dalam kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling dan menemukan langsung 1 unit bulldozer dengan 1 orang operator dan 1 orang helper yang sedang melakukan aktivitas pembukaan jalan untuk akses mengeluarkan kayu hasil penebangan liar, 2 unit chainsaw, 1 unit hp, dan 15 batang kayu olahan.

 

Setelah Tim melakukan identifikasi dan investigasi hingga yakin aktivitas tersebut adalah illegal, Tim segera melaporkan dan meminta dukungan pengamanan kepada  Kepala Balai Besar KSDA Riau via Kepala Bidang Wilayah I. Koordinasi segera dilakukan dan dukungan Personel TNI AD dan Personel Gakkum Seksi Wilayah II, Balai Gakkum Wilayah Sumatera untuk pengamanan.

Keesokan harinya, Tim gabungan berhasil mengamankan 1 unit alat berat beserta masing - masing 1 operator dan helper yang kemudian diserahkan ke penyidik Seksi Wilayah II Balai Gakkum Wil. Sumatera di Pekanbaru untuk proses penyidikan lebih lanjut.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini