Penyelusuran Temuan Kayu Olahan di SM Kerumutan

Minggu, 20 Juni 2021

Pekanbaru, 21 Juni 2021 - Tim Resort Kerumutan Utara dan Tim Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau melakukan pengamanan kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan pada tanggal 8-9 Juni 2021.

Sebelumnya Tim melakukan koordinasi dengan aparat Kelurahan Teluk Meranti terkait temuan kayu olahan chainsaw di kanal/parit Koperasi Tandan Harapan. Informasi didapat bahwa pemilik kayu olahan chainsaw dimungkinkan warganya yang akan digunakan untuk membuat rumah walet, akan tetapi tidak diketahui pasti siapa pemiliknya. Tim menyampaikan bahwa kayu olahan tersebut akan dimusnahkan dan meminta kepada aparat RT untuk menyaksikan pemusnahan kayu tersebut dengan cara dipotong-potong menggunakan chainsaw.

Tim juga melakukan sosialisasi dan himbauan serta peringatan kepada seluruh warga Desa Teluk Meranti agar tidak lagi melakukan penebangan dan perambahan terhadap kawasan konservasi SM. Kerumutan. Tim mengajak untuk menjaga bersama-sama agar kawasan konservasi tersebut tetap aman dan lestari. Jika kawasan dirambah dan kayu ditebangi, maka bencana akan terjadi. Masyarakat terdekatlah yang akan menerima dampak pertama kali. Tim menyampaikan bahwa jika hal tersebut tidak dihentikan, maka tidak segan segan akan menindak sesuai hukum yang berlaku.

Selain melakukan pemusnahan Tim juga melakukan penyusuran kanal/parit yang mengarah ke kawasan SM. Kerumutan untuk mengetahui lebih lanjut temuan yang telah dilakukan. Saat pengecekan sampai di desa Teluk Binjai, Tim menemukan sisa kayu olahan chainsaw sebanyak 6 keping papan yang diduga digunakan oleh pelaku illegal logging untuk mengeluarkan kayu hasil tebangan liar dari kawasan SM. Kerumutan. Jarak temuan sisa kayu olahan chainsaw tersebut dari kawasan SM. Kerumutan sekitar 2,2 km tepat di pinggir jalan lintas Bono, Desa Teluk Binjai, Kec. Teluk Meranti.

Kayu olahan hasil temuan Tim Patroli yang dimusnahkan sebagian diamankan di Resort Teluk Meranti dan sebagian di bawa ke kantor Bidang KSDA Wil I Rengat. Tim akan segera berkoordinasi dengan aparat terkait untuk melakukan pengamanan kawasan dengan menindak tegas para perambah dan penebang liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini