Wakil Bupati Lampung Timur Bersama Plt. Kepala Balai TNWK Lepasliarkan satwa

Jumat, 18 Juni 2021

Labuhan Ratu, 17 Juni 2021 - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Road to HKAN 2021, Plt. Kepala Balai Taman Nasional WayKambas (TNWK), Amri, SH. M. Hum. bersama Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, pada hari ini (Kamis, 17/6/2021) melakukan pelepasliaran 129 ekor satwa di Plang Ijo, Seksi PTN. Wilayah I Way Kanan.

Kepala Balai TNWK menjelaskan bahwa satwa-satwa tersebut berasal dari hasil sitaan penegakan hukum dan penyerahan masyarakat secara sukarela yang telah menjalani tahapan proses pemulihan dan direhabiltasi di PPS SKW III Lampung Balai KSDA Bengkulu dan Sumatran Wildlife Center milik JSI-JAAN.

"129 ekor satwa tersebut terdiri dari 1 ekor ular sanca darah hitam, 3 ekor ular sanca darah, 1 ekor elang tikus, 2 ekor Kukang Sumatra, 81 ekor perkutut Jawa, 24 ekor prenjak kelabu dan 17 ekor jalak kerbau dan telah melalui proses karantina dan rehabilitasi, sehingga satwa-satwa tersebut diharapkan mampu kembali hidup di habitat aslinya" terang Amri.

Sementara, Wakil Bupati Lampung Timur menyatakan bahwa hutan TNWK merupakan kawasan yang menjadi aset nasional. Sebab, di dalamnya banyak terdapat berbagai satwa langka dan juga sumber daya hayati yang beragam. Karenanya, melalui kegiatan pelepasliaran berbagai satwa tersebut diharapkan semakin menambah keanekaragaman sumber daya hayati yang ada di dalam kawasan TNWK. 

“Kami menghimbau masyarakat yang masih memelihara satwa dilindungi agar secara sukarela diserahkan ke BKSDA agar dapat dikembalikan ke habitatnya,” harap Azwar Hadi dalam acara yang juga dihadiri Kapolsek Labuhan Ratu Iptu Peri Setiawan dan para kepala organisasi perangkat daerah dan NGO.

Kemudian, untuk mencegah praktik illegal logging dan perburuan liar. Azwar Hadi menyatakan Pemkab Lamtim akan meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait termasuk warga desa penyangga untuk sama-sama menjaga kelestarian TNWK.

Ditambahkan, pelepasliaran satwa-satwa tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup. Selain itu, kegiatan itu bertujuan edukasi kepada masyarakat bahwa satwa- satwa yang keluar dari habitat alaminya secara ilegal, untuk selanjutnya akan dikembalikan pemerintah ke habitatnya.  

“Kami harap masyarakat turut berperan aktif dalam kegiatan perlindungan satwa di habitat alaminya dan mencegah perburuan satwa,” harap Amri.

 

Sumber: Balai TN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini