BBKSDA Riau Lepasliarkan Satwa Burung Jelang Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hilir

Selasa, 15 Juni 2021

Pekanbaru, 15 Juni 2021 - Balai Besar KSDA Riau bersama Pemda Indragiri Hilir dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Komisi 3, Kabupaten Indragiri Hilir melakukan pelepasliaran satwa yang dilindungi masing-masing satu Elang jenis Brontok (Nisaetus cirrhatus), satu Elang jenis Elang-laut Dada putih (Haliaeetus leucogaster) serta satwa liar yang tidak dilindungi yaitu 10 (sepuluh) Burung Jenis Jalak Kebo (Acridotheres javanicus) ke dalam habitatnya di areal terbuka hijau di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (13/6).

Satwa tersebut adalah satwa hasil penyerahan warga yang telah mendapat perawatan dan observasi di klinik satwa Balai Besar KSDA Riau selama beberapa waktu. Dari hasil uji kelayakan Tim medis Balai Besar KSDA Riau, menyatakan bahwa satwa sehat, liar dan layak untuk dilepasliarkan.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, bapak Suharyono mengatakan  “Tujuan pelepasliaran adalah untuk mengembalikan satwa liar ke habitatnya agar satwa dapat berkembangbiak secara lestari, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu habitat satwa tersebut”.

Sekretaris Daerah, bapak Afrizal yang mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya dimana menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hilir yang ke-56 yang jatuh pada Senin, 14 Juni 2021, dapat dilakukan pelepasliaran satwa dilindungi.

Beliau menambahkan bahwa Indragiri Hilir dengan penduduk 600 ribu orang lebih cukup banyak menyimpan kekayaan alam berupa satwa dilindungi diantaranya Harimau sumatera, Buaya dan berbagai jenis burung termasuk burung imigran yang saat ini sudah cukup sulit untuk dijumpai. Tidak hanya kekayaan fauna namun Indragiri Hilir menyimpan banyak kekayaan flora berupa kawasan mangrove terbesar di Prov. Riau, potensi wisata yang cukup menjanjikan yaitu wisata mangrove Pantai Solop yang berada di Desa Pulau Cawan, Kec. Mandah dan Terumbu Mabloe yang berada di Desa Sungai Belah, Kec. Kuala Indragiri, Kab. Indragiri Hilir.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini