471 Telur Penyu Berhasil Diamankan Oleh Tim Balai Taman Nasional Manusela

Rabu, 09 Juni 2021

Sasarata, 9 Juni 2021. Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Wahai Balai Taman Nasional Manusela telah berhasil mengamankan 471 telur penyu dari 5 lubang peneluran yang berbeda di pesisir pantai Resort Sasarata (02/05/2021).

Pengamanan telur-telur penyu tersebut dilakukan Tim Monitoring Habitat Penyu yang bekerja selama 10 hari menyisir pantai berpasir di Resort Sasarata.  Monitoring ini difokuskan untuk mengamankan telur-telur tersebut dari ancamam predator maupun para nelayan pengambil telur penyu, sekaligus menyiapkan penetasan semi alami.

Dari sekitar 471 telur penyu yang diamankan, telah teridentifikasi bahwa 377 butir telur berasal dari penyu sisik dan sisanya sebanyak 94 butir telur berasal dari penyu hijau.

Penyu merupakan salah satu satwa peraiaran yang mendapatkan prioritas untuk dilindungi. Selain menjadi penyeimbang ekosistem, satwa ini menjadi indikator kesehatan lingkungan. Penyu akan kembali ke lokasi asal untuk bertelur, dengan demikian bilamana telur-telur penyu ini di kemudian hari menetas dan pergi menuju laut, maka kelak tukik-tukiknya akan kembali untuk bertelur di tempat ini.  Ancaman nyata penyu di pesisir pantai Sasarata TN Manusela selama ini adalah soa soa (biawak) dan manusia.

Sumber : Balai Taman Nasional Manusela

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini