Pulihkan Ekosistem Kawasan, BBKSDA Sumut Tandatangani PKS Dengan KTH Tanjung Harapan

Rabu, 09 Juni 2021

Kepala BBKSDA Sumut dan Ketua KTH Tanjung Harapan menandatangani  PKS Kemitraan Konservasi

Paluh Kurau, 9 Juni 2021. Untuk yang keenam kalinya, Balai Besar KSDA Sumatera Utara menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemulihan ekosistem dengan kelompok tani hutan (KTH) yang berada di sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa Karang Gading Langkat Timur Laut. Kali ini dengan KTH Tanjung Harapan di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang pada Selasa, 8 Juni 2021.

Penandatanganan PKS ini menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Nomor : S.412/KSDAE/KK/KSA.1/5/2021 tanggal 18 Mei 2021 perihal Arahan dan Persetujuan Kerja Sama Kemitraan Konservasi Dalam Rangka Pemulihan Ekosistem antara Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan KTH Tanjung Harapan Desa Paluh Kurau di Kawasan SM. Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

Kepala Balai Besar KSDA Sumaera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. dalam arahannya menyampaikan, bahwa tujuan dari PKS ini adalah memulihkan ekosistem yang rusak secara bertahap mendekati kondisi ekosistem aslinya, peningkatan peranserta masyarakat dalam perlindungan dan pelestarian, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ruang lingkup kegiatan PKS ini adalah pemulihan ekosistem yang terdegradasi, pengamanan kawasan dalam areal kemitraan, peningkatan ekonomi masyarakat, serta melakukan perlindungan mangrove dengan prinsip Wanamina/silvofishery,” ujar Hotmauli.

Lebih lanjut Hotmauli menjelaskan, bahwa areal kegiatan kemitraan konservasi dilaksanakan di Blok Rehabilitasi Kawasan SM. Karang Gading dan Langkat Timur Laut seluas ± 91,25 Ha, untuk jangka waktu 10 tahun terhitung sejak ditandatanganinya PKS. 

Sambutan dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang yang disampaikan Kepala Dinas Perikanan, Ir. Syarifah Alwiyah, M.MA. dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Elinasari Nasution, pada intinya memberi apresiasi dan menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan KTH Tanjung Harapan, ini sebagai bentuk kerjsasama anatara pemerintah dengan masyarakat yang bahu membahu melestarikan sumber daya alam untuk generasi yang akan datang. 

Kepala Desa Paluh Kurau, Selamat, dan juga Ketua KTH Tanjung Harapan, Syahrial Husda, menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang memberi kesempatan untuk melakukan kerjasama, serta berjanji akan sungguh-sungguh untuk merealisasikannya dan ikut bertanggung jawab dalam menjaga kawasan SM. Karang Gading.

Penandatanganan PKS ini disaksikan Kepala Dinas Perikanan Deli Serdang, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, perwakilan Camat Hamparan Perak, Babinsa Kecamatan Hamparan Perak serta pejabat lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara diantaranya : Kepala Bagian Tata Usaha Teguh Setiawan, S.Hut., MM., Kepala Bidang Teknis Ir. Irzal Azhar, M.Si., Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, SP., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH, Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L. dan Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang, SP.

Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini