Balai Besar KSDA Riau Mitigasi Konflik Satwa Buaya

Rabu, 02 Juni 2021

Pekanbaru, 2 Juni 2021. Tim Balai Besar KSDA Riau menerima informasi terkait satwa liar Buaya yang memakan ternak Kambing di Desa Mumpa (1/6). Balai Besar KSDA Riau menurunkan petugas dari Resort Kerumutan Selatan dan dari Pekanbaru untuk mitigasi konflik satwa di Desa Mumpa.

Setelah cukup mengumpulkan bahan dan keterangan (3/6), diperoleh informasi bahwa ada seorang warga yang menjumpai adanya satwa Buaya yang sedang memangsa seekor Kambing di pinggir sungai dan nampak sering terlihat akhir – akhir ini di sekitar lokasi tersebut.

Hasil observasi keseluruhan, Balai Besar KSDA Riau menemukan bekas cakaran di pinggir sungai dan langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta memberikan himbauan agar masyarakat lebih waspada serta berhati-hati saat beraktivitas di sungai.

Himbauan yang diberikan dengan mengurangi aktivitas di sungai pada jam tertentu (pagi dan menjelang malam/ maghrib). Tidak membuang ke sungai, bangkai Ayam yang mati atau membuang bagian tubuh Ayam yang dipotong ketika membersihkannya di sungai, karena hal ini berpotensi memancing satwa Buaya.

Saat ini diperkirakan Buaya telah menjauh dari pemukiman penduduk dan kembali ke sungai Mumpa. Namun Tim tetap berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait agar tidak terjadi konflik antara manusia dan satwa liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini