Pasang Perangkap, BBKSDA Riau Tangani Konflik Beruang Madu

Senin, 31 Mei 2021

Pekanbaru, 30 Mei 2021 - Resort Kampar Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan penanganan konflik satwa liar Beruang madu di Kel. Kota Tengah, Kec. Kepenuhan, Kab. Rohul pada tanggal 24-25 Mei 2021. Kepala Resort Kampar memimpin langsung bersama beberapa petugas guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat tentang adanya Beruang yang masuk ke perkampungan.

Kronologis kejadian pada tanggal 24 Mei 2021, Tim menuju ke lokasi dan melakukan koordinasi dengan Camat Kepenuhan, Lurah Kepenuhan Tengah, Babinsa serta Babinkamtibmas. Bersama, Tim melakukan observasi dan identifikasi lapangan bahwa terakhir kali terlihat Beruang di perkebunan sawit yang tak jauh dari pemukiman penduduk.

Tim kemudian melakukan pemasangan perangkap tidak jauh dari lokasi terakhir Beruang terlihat. Setelah terpasang tim melakukan sosialisasi terhadap masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan aktivitas di rumah maupun di kebun serta menyampaikan agar tidak anarkis terhadap satwa tersebut karena Beruang termasuk satwa yang dilindungi Undang – Undang.

Tim kembali melakukan pemantauan terhadap perangkap yang dipasang serta lokasi yang sering dijumpai Beruang (25/5), namun belum ada tanda-tanda kemunculan satwa tersebut dan Tim kembali ke kantor Resort, dengan perangkap masih tetap dipasang di lokasi. Resort Kampar tetap bekerjasama dengan Babinkamtibmas dibantu masyarakat sekitar untuk mengawasi perangkap tersebut.

Semoga segera dapat tertangani, agar tidak terjadi kembali konflik antara manusia dan satwa liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini