BBKSDA Papua Didukung PLN UIP Papua Renovasi Kandang Transit

Selasa, 18 Agustus 2020

Jayapura, 18 Agustus 2020. Balai Besar KSDA Papua, secara simbolis menerima dana bantuan renovasi kandang transit senilai Rp. 150.000.000,- serta tiga unit kendaraan patroli roda dua dari PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua. Penyerahan berlangsung di kandang transit BBKSDA Papua, Buper, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura pada Selasa, (18/8). Dana renovasi rumah aves tersebut bersumber dari CSR PT PLN (Persero).

Bantuan renovasi bertujuan untuk mengembalikan fungsi kandang transit untuk keperluan pemeliharaan sementara satwa hasil sitaan maupun hasil evakuasi karena konflik. Satwa tersebut kemudian direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya. Kerja sama PLN UIP Papua dengan BBKSDA Papua dalam hal pelestarian alam merupakan wujud komitmen PLN yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan.  

Sementara itu, tiga unit motor akan digunakan untuk patroli pengamanan Kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop yang memiliki luas ± 31.479 hektar di Kota dan Kabupaten Jayapura. Penyerahan motor ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BBKSDA Papua dengan PLN UIP Papua dalam rangka pembangunan SUTT 150 kV GI Jayapura – GI Angkasa, yang melintasi kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop.

Kegiatan serah terima bantuan ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan pandemi Covid-19. Semua yang hadir mengenakan masker, serta menjaga kebersihan, salah satunya dengan cara mencuci tangan.

Reisal Rimtahi Hasoloan, General Manager PLN UIP Papua, mengatakan, “Kami berharap bentuk dukungan ini dapat membantu BBKSDA Papua beserta instansi lain yang terkait untuk terus berupaya menjaga kelestarian alam di Papua. Kecantikan alam Papua begitu dipuji oleh dunia dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakatnya. Sudah sepatutnya kita lestarikan untuk kita dan anak cucu kelak. PLN terus berupaya menjaga komitmen untuk melakukan pembangunan yang berbasis lingkungan.”

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., menyampaikan terima kasih kepada PLN UIP Papua atas perhatiannya terhadap upaya pelestarian flora dan fauna di Papua.

Edward mengatakan, “Bantuan ini sangat bermanfaat dalam rangka optimalisasi fungsi kandang transit satwa liar di Jayapura. Sementara kendaraan patroli roda dua akan digunakan oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan Konservasi (KPHK) Cycloop-Youtefa untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan."

Selanjutnya, Edward menghimbau semua pihak agar bersinergi dalam menjaga dan mengelola keanekaragaman hayati di Papua, sesuai kapasitas atau tugas dan fungsi masing-masing. []

Sumber: Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini