BKSDA Sultra Rayakan HUT RI di Dua Tempat Berbeda

Senin, 17 Agustus 2020

Kendari, 17 Agustus 2020. Dirgahayu Republik Indonesia. Memperingati Hari Ulang Tahun Indonesia ke-75, Balai KSDA Sulawesi Tenggara (BKSDA Sultra) melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I dan II melakukan persiapan untuk ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan mengibarkan bendera Merah Putih di 2 (dua) tempat berbeda yaitu puncak Gunung Padang Kukuh Suaka Margasatwa (SM) Lambusango dan pesisir pantai Taman Wisata Alam (TWA) Padamarang. 
 
Kegiatan perayaan HUT Indonesia ke-75 ini di ikuti oleh masing masing SKW dan anak anak muda yang cinta akan lingkungan dan alam sekitarnya sesuai dengan standar protokol covid 19.
 
Kepala Balai KSDA Sulawesi Tenggara mengatakan kepada teman teman pencinta alam agar tetap memelihara semangat kemerdekaan dengan tetap bersama menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan kita serta memelihara hutan karena hutanlah yang telah memberi rumah bagi perjuangan gerilya para pahlawan tersebut.
 
Peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke 75 yang diselenggarakan SKW I di puncak Padang Kuku SM Lambusango berupa Upacara Bendera dan aksi bersih sampah dengan hasil 6 kantong sampah plastik berupa botol minuman dan puntung rokok. Kegiatan di ikuti sebanyak 79 orang terdiri dari BKSDA Sultra  4 orang, KPA Tarsius 5 orang, KPA Gode Gode 22 orang, KPA Wasalamata 18 orang, Karang Taruna Mutiara 16 orang dan KPA Lambusango Timur 14 orang. Semua kegiatan dilaksanakan dengan standar kesehatan yaitu tetaap memakai Masker dan Handsanitizer. Selain itu, Pemerintah Desa Lambusango Timur yang diwakili oleh Kepala desa bapak LAMANGKE juga menerima pembagian masker dari SKW I yang ditujukan untuk aparat dan pamong desa.  
 
Kegiatan HUT RI di SKW II dilaksanakan dengan melakukan kibar bendera Merah Putih di TWA Kepulauan Padamarang bersama Fakultas Teknik dan Mapala USN Kolaka dengan rangkaian acara dimulai pada tanggal 16 Agustus 2020 berup Apel siaga dan pembukaan camping ground. Peserta kibar bendera merah putih terdiri dari Kelompok Pencita Alam Kolaka, KPA Kendari, KPA Buton Tengah sebanyak 75 orang, di Pantai Leppe Manukke TWA Kep. Padamarang dan Dilanjutkan dengan kegiatan berupa aksi bersih sampah disepanjang pantai Leppe Manukke TWA Kep. Padamarang yang terdiri dari sampah organik dan an-organik sebanyak 5 kantong plastik serta kegiatan diskusi umum dengan tema" Semangat Kemederkaan guna kelestarian alam di tengah pandemi"
 
Puncak kegiatan HUT RI di SKW II dilakukan dengan pendakian ke Puncak Pulau Padamarang. Puncak Padamarang (621 mdpl) merupakan Lokus Pusat pengibaran Merah Putih tahun 2020 dimana Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI 2020 dengan mengibarkan bendera Merah Putih sepanjang 75 meter dengan Inspektur Upacara Kepala Seksi SKW II dan komandan upacara BEM Fakultas Teknik USN, dan turut serta pula sebagai peserta Upacara Karyawan BKSDA Sulawesi Tenggara,  KPA, MMP,  Mapala, dll dengan total peserta berjumlah 75 orang. Kegiatan ditutup dengan aksi bersih sampah dengan hasil sebanyak 3 kantong plastik. 
 
Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tenggara
 
 
 
 
 
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini