Peletakan Batu Pertama Prasasti KEE Koridor Gajah Lanskap Seblat di Hari Gajah Sedunia

Kamis, 13 Agustus 2020

Bengkulu, 12 Agustus 2020 - Seperti tahun sebelumnya peringatan Hari Gajah Sedunia “World Elephant Day” yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus dilakukan di Pusat Latihan Gajah Taman Wisata (TWA) Seblat. Peringatan kali ini ada moment penting yaitu setelah dilaunching-nya Kawasan Ekosistem Essensial (KEE) Gajah Sumatera Lanskap Seblat pada 5 Desember 2019 yang lalu, pada hari ini dilakukan peletakan batu pertama prasasti KEE Koridor Gajah Bentang Alam Seblat yang sebelumnya telah ditandatangani Dirjen KSDAE dan Gubernur Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Forum Kolaborasi Pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Koridor Gajah Lanskap Seblat Bengkulu diantaranya BKSDA Bengkulu, Dinas LHK Prov. Bengkulu, FFI, Kanopi, Lingkar Institute, PT. API, Kades Gajah Makmur dan para undangan.

Gajah Sumatera merupakan satwa kunci yang dilindungi dan perlu untuk dilestarikan. Habitat dan populasinya berada di Taman Wisata Alam Seblat, Perkebunan, Hutan Produksi dan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan kawasan bernilai ekosistem tinggi. Koridor gajah di landskap Seblat merupakan kebutuhan mendesak dalam upaya penyelamatan gajah sumatera di Provinsi Bengkulu. Populasi gajah sumatera di Provinsi Bengkulu yang terpisah menjadi beberapa kelompok. Kelompok-kelompok kecil ini “terperangkap” dalam kantong-kantong habitat yang rentan terhadap gangguan. Hal ini disebabkan oleh terputusnya jalur migrasi gajah dan gajah yang telah keluar tidak dapat kembali masuk contohnya gajah liar yang dulu berada di TWA Seblat.

Sehingga semoga dengan terbentuknya koridor gajah ini dapat menjadi jalur yang menghubungkan antar kelompok dan mencegah terancamnya populasi Gajah Sumatera dari kepunahan.

 

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini