BBKSDA Papua bersinergi dengan Direktorat Binmas Polda Papua

Kamis, 13 Agustus 2020

Jayapura, 11 Agustus 2020. Balai Besar KSDA Papua dan Direktorat Binmas Polda Papua melakukan koordinasi terkait pengawasan dan pembinaan teknis Kepolisian Khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil, dan bentuk-bentuk PAM Swakarsa. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Kantor Balai Besar KSDA Papua. Kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Acara dipimpin oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua dan dihadiri Direktur Binmas Polda Papua yang diwakili AKP. Piter Kalahatu selaku Kepala Seksi Korwas Polsus Polda Papua bersama jajarannya. Pihak Balai Besar KSDA Papua dihadiri Kabid Teknis, Kasi P3 dan seluruh Polisi Kehutanan yang bertugas di sekitar Jayapura.

Polisi Kehutanan yang merupakan Alat-alat Kepolisian Khusus (Alpolsus) di bidang Kehutanan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di lapangan mendapat dukungan penuh dari Direktorat Binmas Polda. Kepala Balai Besar KSDA Papua memaparkan bahwa jumlah Polhut BBKSDA Papua yang tidak sebanding dengan wilayah kerja menjadi alasan utama untuk bersinergi dengan semua pihak termasuk masyarakat sehingga dibentuklah Masyarakat Mitra Polhut. Masyarakat Mitra Polhut (MMP) yang dibentuk oleh Balai Besar KSDA Papua untuk mendukung tugas Polhut di lapangan sebagai upaya yang dinilai positif oleh Direktur Binmas Polda Papua. Keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan tugas di lapangan perlu dijaga dan terus ditingkatkan. Pihak Polda akan meminta Polhut dan MMP dapat bersinergi dengan para Babinkantibmas Polri yang ditugaskan di setiap Kampung.

Pada kesempatan ini, kedua pihak telah bersepakat mengadakan koordinasi lanjutan, terutama terkait detail program dan evaluasi Perjanjian Kerjasama BBKSDA Papua dengan Polda Papua yang sudah ditandatangani sejak tahun 2018 yang lalu. Selain itu, kedua pihak sepakat untuk bersama-sama mendukung Program Tim Gugus Tugas Pencegahan Pandemi Covid19 dengan mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Polda Papua, atas inisiatif pelaksanaan koordinasi. “Ini sangat penting kita lakukan dalam rangka konservasi alam Papua. Adanya kerja sama dan sinergi berbagai pihak tentu akan semakin menguatkan penjagaan terhadap kekayaan hayati di Papua,” ungkap Edward. Ia juga berharap koordinasi ini dapat meneladani Thema Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020, yaitu "Nagara rimba nusa: merawat peradaban menjaga alam".

Sumber: Balai Besar KSDA Papua      

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini