Peringatan Puncak HKAN 2020 di Sulawesi Utara 10 Agustus 2020

Kamis, 13 Agustus 2020

Manado, 12 Agustus 2020. Perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat dan kesinambungan lingkungan tempat kita tinggal serta melakukan aktivitas sehari-hari. Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 mengusung tema “Nagara Rimba Nusa : Menjaga Peradaban Merawat Alam”. Melalui semangat konservasi dan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, generasi muda di era milenial yang berperadaban maju dan modern diajak agar tetap hidup selaras dengan alam untuk menjamin masa depan kelestarian hutan dan keberlangsungan daya dukung lingkungan. Demi menyambut HKAN 2020, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan road to HKAN antara lain bersih sampah di TWA Batuputih pada Bulan Juli; pelepasan tukik penyu di TWA Batuputih pada Bulan Juli 2020 dan CA Pulau Mas Popaya Raja pada awal Bulan Agustus 2020 hingga pada puncak peringatan HKAN dengan menggelar apel dan kegiatan kebersihan lingkungan secara serentak di kantor balai, kantor seksi dan seluruh kantor resort.

Pada tanggal 10 Agustus 2020, Pemerintah Kota Bitung juga menginisiasi kegiatan bersih sampah dan penanaman 1.000 pohon di kawasan TWA Batuangus berkolaborasi dengan BKSDA Sulawesi Utara dalam rangka memperingati HKAN di Sulawesi Utara. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban, S.E., M.Si. dan diikuti oleh sekitar 100 (seratus) orang peserta, yang terdiri dari staf Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Bitung BKSDA Sulawesi Utara, jajaran Pemerintah Kota Bitung serta  masyarakat Lembaga Konservasi Kelurahan (LKK) Kasawari. Dalam sambutannya, Walikota Bitung menyampaikan bahwa upaya konservasi dalam bentuk kegiatan bersih sampah dan menanam pohon merupakan simbol upaya dan sumbangsih kita terhadap lingkungan yang telah menyediakan udara bersih, dimana pohon-pohon yang telah ditanam diharapkan berfungsi sebagai penyerap karbon dan penghasil jasa lingkungan di kemudian hari. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga mengingatkan untuk selalu merawat pohon-pohon yang telah ditanam, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran hutan yang sering terjadi di kawasan TWA Batuangus mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung yang juga Duta Yaki Indonesia, Khouni Lomban Rawung, menyampaikan bahwa rangkaian acara peringatan HKAN Tahun 2020 merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat sekaligus bukti bahwa kita semua peduli terhadap alam, “Merawat Alam Agar Alam Menjaga Kita” merupakan penekanan penting yang disampaikan Duta Yaki Indonesia ini dalam sambutannya. Upaya konservasi alam memang telah lama dilakukan oleh Pemerintah Kota Bitung, BKSDA Sulawesi Utara, para mitra dan masyarakat, namun momen kegiatan seperti ini harus sering dilakukan sebagai pengingat serta penambah semangat akan pentingnya nilai-nilai konservasi. Di akhir sambutannya, Khouni Lomban Rawung menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, pemerintah kelurahan, dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bersih sampah dan penanaman 1.000 pohon di TWA Batuangus, dan berjanji akan terus melakukan kegiatan sejenis di lokasi yang berbeda di masa yang akan datang.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini