Aksi Bersih Sampah di TN Manusela Dalam rangka menyambut HKAN 2020

Rabu, 12 Agustus 2020

Rabu, 12 Agustus 2020 - Dalam rangka menyambut Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2020, seluruh ASN dan Pegawai Kontrak Balai Taman Nasional (BTN) Manusela melakukan Aksi Bersih Sampah di Taman Nasional Manusela.  Aksi Bersih Sampah ini dilaksanakan di jalan nasional Trans Seram sepanjang ± 34,7 km yang melintas di dalam kawasan taman nasional.  Jalan Trans Seram dipilih karena jalan ini menjadi ‘etalase’ ataupun “halaman depan’ kawasan TN Manusela. Baik-buruknya citra taman nasional salah satunya ditentukan oleh kondisi kebersihan kawasan. Aksi bersih ini merupakan kali kedua BTN Manusela melakukan pembersihan sampah di ruas jalan Trans Seram ini sepanjang tahun 2020.  Aksi pertama adalah pada bulan Maret 2020 bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Tujuh puluh enam personil ikut serta dalam aksi bersih sampah ini. Seluruh personil yang ada dibagi ke dalam 16 Regu yang masing-masingnya bertanggung jawab terhadap 2-3 Km ruas jalan.  Kegiatan/aksi ini dimulai ± pukul 09.00 WIT dan selesai sekitar pukul 14.30 WITA.  Pembersihan dilakukan terhadap segala jenis sampah botol, kantong plastik, kaleng, bungkus makanan dan lain-lain, Hasil kegiatan ini adalah terkumpulnnya total ± 452,4 kg sampah. Sampah-sampah yang terkumpul selanjutnya dikemas dalam kantong-kantong plastik sampah dan diangkut dengan truk untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kota Masohi. 

 

Dalam aksi ini, selain menghitung berat total sampah, seluruh Regu juga memilah dan menghitung jumlah sampah sesuai jenisnya. Dari penghitungan tersebut diperoleh hasil bahwa sampah plastik berupa botol/gelas minuman kemasan, adalah jenis sampah paling dominan yang ditemukan di sepanjang jalan Trans Seram. Setelah itu adalah sampah kemasan/pembungkus makanan.

 

Sumber: Balai TN Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini