Masih Tutup, TWA Sibolangit Dibersihkan di Hari Konservasi Alam Nasional

Rabu, 12 Agustus 2020

Sibolangit, 11 Agustus 2020. Suasana yang berbeda terlihat di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit pada Senin, 10 Agustus 2020. Meskipun kawasan wisata ini belum dibuka untuk kunjungan wisata akibat pandemi covid-19, tapi terlihat sekelompok orang berkumpul mengikuti kegiatan Aksi Bersih kawasan TWA Sibolangit dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 untuk tingkat Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dengan mengusung tema “Negara Rimba Nusa : Merawat Peradaban Menjaga Alam”.  Sekitar 60 orang pegawai lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengikuti aksi bersih tersebut.

Dalam kegiatan aksi bersih di kawasan TWA Sibolangit, seluruh peserta memungut sampah dan membersihkan lingkungan di kawasan TWA Sibolangit. Sampah-sampah yang dikumpulkan dipilah sesuai dengan jenis sampah, baik organik maupun non organik. Terlihat sejumlah pejabat hadir, diantaranya Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc. For., Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, SP., Kepala Bagian Tata Usaha, Teguh Setiawan, S.Hut. MM., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP. Aritonang, S.Sos. MH., Kepala Sub Bagian Data, Evlap dan Kehumasan, Andoko Hidayat, S.Hut. MP., Kepala Sub Bagian Umum, Imelda Kamayanti Harahap, SH., serta Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama, Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. dalam laporannya kepada Wakil Menteri LHK dan Dirjen KSDAE melalui acara live streaming, yang tersambung dengan kegiatan aksi bersih di TWA Angke Kapuk, Jakarta, menguraikan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara berkaitan dengan peringatan HKAN, termasuk kegiatan aksi bersih yang dilakukan di kawasan TWA Sibolangit.“Pak Wamen, sampah-sampah yang dikumpulkan ini nantinya akan dipilah dan diolah. Sampah-sampah organik dimanfaatkan sebagai pupuk, sedangkan yang non organik diolah menjadi berbagai kreatifitas oleh petugas Resort TWA Sibolangit. Kami tetap semangat, meskipun masih suasana covid 19. Dan kami tetap memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan”, ujar Hotmauli dengan penuh semangat.

Hotmauli juga menyampaikan, bahwa kebersihan sekitar kawasan serta penerapan protokol kesehatan dengan penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan handsanitizer dan petugas yang menggunakan masker, menjadi pertanda kesiapan kawasan TWA Sibolangit untuk dibuka kembali bagi kegiatan wisata.

Kegiatan aksi bersih ini sejalan dengan himbauan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), melalui suratnya Nomor : S.659/KSDAE/PJLHK/KSA.3/7/2020 tanggal 30 Juli 2020, perihal Aksi Bersih Sampah di Kawasan Konservasi, yang ditujukan kepada Kepala Balai Besar/Balai KSDA dan Kepala Balai Bear/Balai TN di seluruh Indonesia.

Sumber : Inggrid R Tarihoran - Penyuluh Kehutanan Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini