BKSDA Bengkulu Gelar Aksi Pada 4 Lokasi Peringati HKAN 2020

Rabu, 12 Agustus 2020

Bengkulu-Lampung, 10 Agustus 2020 - Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang di tahun 2020 ini mengusung tema “Nagara Rimba Nusa – Merawat Peradaban Menjaga Alam”, BKSDA Bengkulu-Lampung melakukan aksi Bersih Sampah di 3 (tiga) lokasi Taman Wisata Alam (TWA) yang dikelola dan di lingkungan Pusat Penyelamatan Satwa - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Lampung.

Lokasi pertama yaitu di TWA Pantai Panjang dan Pulau Baai, dimana aksi ini diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala BKSDA Bengkulu Ir. Donal Hutasoit, M.E. dan diikuti oleh Kasubag TU, Kepala (SKW) II, Staf Balai & SKW II, dan bebarapa komunitas peduli lingkungan yang berada di Kota Bengkulu. Selain itu dari lokasi juga bergabung dengan online zoom meeting pelaksanaan aksi bersih sampah nasional yang dilakukan secara serentak lingkup Ditjen KSDAE.

Lokasi Kedua dan ketiga merupakan TWA di wilayah pengelolaan SKW I yaitu TWA Bukit Kaba dan TWA Air Hitam. Pada TWA Bukit Kaba pelaksanaan aksi dilakukan bersama BUMDes Urip Jaya yang dipimpin langsung Kepala Seksi Wilayah I. Sedangkan di TWA Air Hitam pelaksanaan aksi dilakukan petugas KPHK Seblat, Resort KSDA Air Hitam, Seblat, Air Rami, Mukomuko dan Kelompok Pemuda Pemudi Penggiat Alam dan Lingkungan Hidup (KP3ALH) yang merupakan kelompok masyarakat yang selalu aktif dalam penyelamatan satwa dilindungi jenis penyu. Selain itu aksi bersih sampah di TWA Air Hitam ini juga diikuti oleh anggota Komunitas Motor RX King. Dan tidak hanya aksi bersih sampah yang dilakukan tetapi peserta aksi juga melakukan penanaman pada kawasan yang terbuka, serta melakukan pelepasan 50 ekor tukik jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Untuk di SKW III Lampung aksi bersih sampah dilakukan di lingkungan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS). Tempat ini menjadi lokasi aksi dengan tujuan untuk lebih menjamin kebersihan dan kesehatan satwa-satwa liar hasil sitaan penegakan hukum maupun penyerahan masyarakat yang masih di rehabilitasi sebelum dilepasliarkan lagi ke alam.

Jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan untuk di TWA Pantai Panjang & Pulau Baai sebanyak 12 kantong/karung, TWA Bukit Kaba sebanyak 2 karung, TWA Air Hitam sebanyak 11 Karung dan PPS Lampung sebanyak 4 karung. Semoga aksi-aksi yang dilakukan ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan sesuai dengan tema HKAN 2020. Salam Konservasi !!!

 

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini