Balai TN Kepulauan Seribu Serentak Gelar Aksi Konservasi di Tiga SPTN

Selasa, 11 Agustus 2020

Pulau Kelapa, 10 Agustus 2020. Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2020 tanggal 10 Agustus di Taman Nasional Kepulauan Seribu ditandai dengan berbagai Aksi Konservasi di tiga Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah. Tim SPTN Wilayah I Pulau Kelapa  melepasliarkan 50 ekor tukik penyu sisik dan penyu hijau di Pulau Yu Timur, sedangkan tim SPTN Wilayah II Pulau Harapan menanam mangrove sebanyak 100 batang di Pulau Harapan, dan  Tim SPTN Wilayah III melakukan penanaman lamun, karang dan bersih area mangrove.

Aksi Konservasi di SPTN wilayah III Pulau pramuka dihadiri oleh Kepala Balai, Ibu Badi'ah, S.Si, M.Si. Kegiatan ini melibatkan sekitar 60 orang peserta meliputi petugas SPTN Wilayah III Pulau Pramuka, perwakilan anggota kelompok binaan seperti SPKP Samo - samo, Pernitas, Smiling Coral, Nelayan Panggang Sejahtera, Paguyuban Kapal Ojek Pulau Panggang serta mahasiswa PKL ITB.

Penanaman lamun dilakukan menggunakan metode TERF's sebanyak 3 frame dengan jumlah 75 tunas lamun. Transplantasi karang sebanyak 2 rockpile atau sama dengan 30 fragmen karang. Aksi bersih area mangrove dilanjutkan dengan pemilahan dan penimbangan sampah. Sebanyak 204 kg sampah didapat yang terdiri dari berbagai jenis yaitu kayu, plastik botol kemasan, plastik sekali pakai, karet, dll.

Musim angin timur merupakan salah satu akibat banyaknya sampah yang terbawa dari berbagai lokasi ke Pulau Pramuka. Namun hal lain juga bisa mengindikasikan bahwa ternyata gaya hidup kita masih belum bisa sepenuhnya bebas dari pemakaian sampah plastik sekali pakai.

Dalam penutupan rangkaian kegiatan HKAN 2020 di TN Kepulauan Seribu, Kepala Balai berpesan agar kita lebih bijaksana kepada alam dan ikut menjaga alam sebagai bagian dari gaya hidup dengan keihklasan. Apabila kita menjaga alam dengan baik maka alam pun akan memberikan dampak bagi kelangsungan dan kualitas kehidupan kita yang lebih baik.

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini