Aksi Bersih Sampah di TWA Pulau Bakut Menyongsong HKAN 2020

Selasa, 11 Agustus 2020

Barito Kuala, 10 Agustus 2020 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih sampah di kawasan konservasi tepatnya di Taman Wisata Alam Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Road to HKAN 2020 yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Agustus. Dikarenakan kondisi pandemi covid-19 puncak peringatan HKAN 2020 ditunda pelaksanaanya dan sebagai penggantinya seluruh UPT Ditjen KSDAE melakukan aksi bersih sampah di seluruh kawasan konservasi.

Aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut dihadiri peserta sekitar 50 orang terdiri dari unsur BKSDA Kalsel, Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala, Camat Anjir Muara, Camat Alalak, unsur Koramil Anjir Muara dan Alalak, Polsek Anjir Muara dan Alalak, Kepala Desa Beringin serta masyarakat mitra pariwisata.

Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. menyatakan bahwa peringatan HKAN 2020 yang mengusung tema “Nagara Rimba Nusa – Merawat Peradaban Menjaga Alam” memiliki makna bahwa semangat konservasi alam era peradaban maju menjadi tanggung jawab semua pihak. Lebih lanjut Dr. Mahrus menyampaikan bahwa peringatan HKAN 2020 dilaksanakan dalam suasana keprihatinan karena adanya pandemi covid-19 sehingga jumlah peserta yang dilibatkan dibatasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diagendakan dalam menyongsong HKAN 2020. Balai KSDA Kalimantan Selatan sebelumnya telah melakukan kegiatan talkshow melalui siaran radio dan televisi, pelepasliaran satwa Bekantan dan Elang serta penanaman mangrove.

Pada akhir kegiatan Kepala BKSDA Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta undangan yang hadir dan berharap agar aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut dalam rangka memperingati HKAN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mengkampanyekan pentingnya keberadan hutan konservasi bagi kehidupan peradaban manusia dimasa mendatang… Salam Konservasi Hu..Ha.. Hu . Ha (ryn)

Sumber: M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si - Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru 

2-IMG_6203

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini