Aksi Konservasi Bersama Masyarakat Di SM Balai Raja

Selasa, 11 Agustus 2020

Pekanbaru, 10 Agustus 2020. Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Duri Balai Besar KSDA Riau, MB Hutajulu, memimpin langsung kegiatan pendampingan kemitraan konservasi bersama masyarakat sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa Balai Raja. Kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah penanaman bibit pohon dan pengkayaan pakan Gajah di sekitar pinggiran Hutan Talang, Suaka Margasatwa Balai Raja, Kab. Bengkalis, Riau. Kegiatan tersebut telah dilakukan dalam 4 minggu terakhir. Sekitar 5000 bibit pohon telah berhasil ditanam. Adapun jenis bibit yang ditanam di antaranya adalah Nangka, Cempedak, Petai dan Gaharu. Sesuai dengan komitmen bersamai masyarakat, bibit yang telah ditanam akan dirawat bersama masyarakat ke depannya.

Selain untuk memperingati HKAN 2020, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Hutan Indonesia dan Hari Gajah Dunia. Kegiatan ini didukung penuh oleh masyarakat Kelurahan Pematang Pudu, Kec. Mandau dan juga Yayasan TNTN, demi melestarikan gajah dan habitatnya yang tersisa di SM Balai Raja.

Arahan Bapak Dirjen KSDAE dalam tulisan "Four Structure of Attention", kebijakan kemitraan dalam mengelola kawasan konservasi dapat dibangun secara bertahap dengan menyadarkan kelompok dan komunitas (collective awareness) menuju aksi kolektif (collective action). Memenjarakan ribuan orang yang merambah tidak masuk akal dan tidak menyelesaikan masalah pokoknya.

Diharapkan dengan adanya gerakan ini akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar kawasan konservasi SM Balai Raja dan dapat diterapkan di kawasan konservasi lainnya di lingkup Balai Besar KSDA Riau. Mudah mudahan dengan pendampingan yang terus menerus dan pantang menyerah, dapat mengembalikan keutuhan hutan SM Balai Raja. Masyarakat sejahtera, satwa pun tetap lestari.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini