Kolaborasi TN. Aketajawe Lolobata dengan Desa Ake Jawi Menyambut HKAN 2020

Selasa, 11 Agustus 2020

Ake Jawi, 10 Agustus 2020. Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata bersama masyarakat desa Ake Jawi menggelar aksi bersih sampah dan penanaman bibit pohon di kawasan hutan Resort Ake Jawi, SPTN Wilayah III Subaim.

Dengan mengusung tema 'Nagara Nusa Rimba - Merawat Peradaban Menjaga Alam", aksi ini dilaksanakan dengan tujuan membakar semangat semua lapisan masyarakat untuk peduli dan turut serta dalam upaya menjaga alam disekitarnya.

Kegiatan ini diawali oleh sambutan Kepala Desa Ake Jawi, Sugito, yang mengingatkan bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan generasi kita. Lebih lanjut beliau mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan semangat dalam menjaga alam untuk kelestarian lingkungan hidup dan masa depan yang lebih baik.

"Harus kita ingat bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu kita. Sebagai mahluk hidup harus menjaga agar tempat yang kita huni tetap lestari dan tidak merusak apa yang seharusnya kita jaga" tutur Sugito.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan segmen pembukaan oleh Kepala Balai TNAL, T. Heri Wibowo, S.Hut., M.Eng., sekaligus penyerahan secara simbolik bibit pohon kepada masyarakat Desa Ake Jawi sebagai tanda dimulainya aksi hari ini. Pada kesempatan tersebut dengan mengutip sambutan Menteri LHK, Kepala Balai TNAL menyampaikan bahwa kawasan konservasi merupakan "rumah" bagi keanekaragaman satwa dan tumbuhan, namun demikian, kita juga tidak boleh lupa terhadap aspek pemanfaatannya. Lebih lanjut disampaikan bahwa potensi yang ada agar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas.

"kawasan konservasi merupakan rumah bagi keanekaragaman satwa dan tumbuhan, namun demikian kita juga boleh lupa terhadap aspek pemanfaatannya potensi yang ada agar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas namun masih dalam kaidah-kaidah konservasi" Tutut Heri

Kegiatan pun dilanjutkan dengan aksi bersih sampah dan penanaman bibit pohon yang terpusat di lokasi bendungan irigasi ekor dan sepanjang jalan wisata Resort Ake Jawi.  Kegiatan lalu diakhiri dengan acara makan bersama dengan pemerintah desa dan masyarakat Desa Ake Jawi.

Sumber: Aris Rafli – Pengendali Ekosistem Hutan Balai TNAL

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini