Gaung Negara Rimba Nusa, TANAGUPA Sisir Sampah di Sekitar Kawasan

Selasa, 11 Agustus 2020

Sukadana, 10 Agustus 2020. HKAN (Hari Konservasi Alam Nasional) diperingati setiap tanggal 10 Agustus disetiap tahunnya. Dengan tema yang diusung tahun ini “Negara Rimba Nusa : Merawat Peradaban Menjaga Alam”, tema ini menekankan pada semangat berperadaban maju yang harmoni dengan alam di era milenial. Oleh karena itu, Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) melakukan aksi bersih sampah merayakan HKAN 2020 di sekitar kawasan Bukit Peramas, Sukadana Kalimantan Barat. 

Berbeda dengan peringatan HKAN di tahun-tahun sebelumnya, peringatan HKAN tahun ini tidak terlalu melibatkan banyak orang mengingat kita sedang dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan mengikuti protokol kesehatan, peringatan ini ditujukan sebagai bentuk kampanye terhadap masyarakat akan pentingnya konservasi alam bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan dibuka pukul 07.00 WIB yang dimulai dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan aksi bersih sampah bersama. Aksi bersih sampah yang dihadiri oleh perwakilan beberapa instansi ini berhasil mengumpulkan sampah non organik sebanyak 104,4 Kg yang selanjutnya sampah-sampah tersebut dibuang ketempat pembuangan akhir di Sukadana.

Kegiatan aksi bersih sampah ini akan disambungkan secara virtual dengan lokasi pelaksanaan Aksi Bersih di TWA Angke Kapuk yang dihadiri oleh Wakil Menteri KLHK serta Bapak Dirjen KSDAE, pada pukul 10.00 WIB. Sebab dipilihnya Bukit Peramas sebagai lokasi kegiatan HKAN 2020, karena lokasi ini mudah mengakses sinyal sehingga dapat tersambung via zoom meeting.

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya mengajak saudara-saudara semua untuk mari bersama-sama melakukan konservasi alam. Konservasi alam tidak hanya sebatas di kawasan konservasi. Karena itu mari kita mulai dari lingkungan kita masing-masing melalui hal-hal yang paling sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan sungai, mengendalikan sampah plastik, menanam pohon, dan lain sebagainya.  Kita jadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup kita sehari-hari agar selanjutnya berkembang menjadi budaya bangsa yang dapat kita wariskan kepada generasi-generasi penerus kita.” tutup Pak Ari selaku Kepala Balai TANAGUPA dipenghujung pidato nya.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini