Peringati HKAN 2020, BKSDA Maluku Laksanakan Aksi Bersih Sampah

Selasa, 11 Agustus 2020

Ambon, 10 Agustus 2020. Dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020, Balai KSDA Maluku melaksanakan kegiatan aksi bersih sampah di Pesisir Pantai Depan PLTD Poka, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Pesisir pantai ini memiliki vegetasi hutan mangrove yang sayangnya tercemar oleh sampah rumah tangga.

Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Dinas Kehutanan Provinsi Maluku,
2. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku
3. Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon
4. Para Kepala UPT lingkup KLHK Provinsi Maluku
5. Pejabat eselon 4 lingkup BKSDA Maluku,
6. Komunitas Green Moluccas,
7. Saka Wanabakti Korda Maluku,
8. Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan sambutan Menteri KLHK yang dibacakan oleh Plh. Kepala Balai KSDA Maluku (Ibu Rosna, S.P), kemudian dibuka secara resmi oleh Koordinator KLHK Wilayah Ambon (Ir. Erwan Sudaryanto). Setelah acara pembukaan, perwakilan komunitas Green Moluccas memberikan arahan kepada peserta terkait pemilahan sampah yang memiliki nilai ekonomi dan residu (tidak bisa digunakan lagi). Sampah yang bernilai ekonomi akan dikumpulkan dan diproses untuk menjadi benda yang bermanfaat. Dengan demikian, kegiatan aksi ini bukan saja memberikan dampak positif terhadap vegetasi mangrove, namun juga dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Selain kegiatan aksi bersih sampah di tingkat Balai, seluruh resort dan seksi wilayah lingkup BKSDA Maluku juga ikut terlibat dalam aksi bersih sampah secara serempak di kawasan/wilayahnya masing-masing, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sampah yang berhasil diangkut pesisir pantai Mangrove poka sebanyak 5 Damtruk.

Sumber : Balai KSDA Maluku

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini