Aksi Bersih Sampah dalam Rangka Peringatan HKAN Tahun 2020 di Taman Nasional Wasur

Senin, 10 Agustus 2020

Senin, 10 Agustus 2020 - Peringatan Hari konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020 adalah salah satu upaya melakukan kegatan konservasi alam secara berkesinambungn, memasyarakatkannya dan menjadikan sikap hidup dan budaya bangsa. Tema Hari konservasi Alam Nasional Tahun 2020 adalah Nagara Rimba Nusa-Merawat peradaban Menjaga Alam.

Sesuai dengan tema hari konservasi untuk menjaga alam maka dilaksanakan kegiatan “Road to HKAN 2020” yang  di laksanakan serentak di seluruh Kawasan Konservasi Indonesia. Pada sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, Msc., pada  “ Road to HKAN Tahun 2020” disampaikan bahwa Kegiatan Konservasi yang paling sederhana  dapat berupa tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan sungai, mengendalikan  sampah plastik, dan sebagainya.  Kegiatan konservasi yang dilaksanakan tersebut juga merupakan upaya menyusung konsep “ Forest to Healing”  demi mendukung kegiatan pariwisata alam pasca Covid 19.

 

Salah satu kegiatan “Road to HKAN” yang dilaksanakan adalah  Aksi Bersih di Kawasan Konservasi  pada Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke. Kegiatan Aksi bersih sampah di Taman Nasional Wasur diselenggarakan pada hari Senin, 10 Agustus 2020 pada jam 08.30 WIT dan berakhir pada jam 12.00 WIT.

Kegiatan Aksi Bersih Sampah di awali dengan Apel bersama dikantor Balai Taman Nasional Wasur yang dipimpin Langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Wasur yakni Bapak Yarman, S.Hut, MP. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap  pegawai Balai Taman Nasional Wasur serta masyarakat wasur.

 

Aksi Bersih sampah ini dilakukan dengan memungut sampah  sepanjang jalan Trans Papua dan berakhir di Bumi Perkemahan dan  Kolam Permandian Biras. Sampah yang ditemukan dalam kawasan antara lain berupa plastic kemasan makanan, botol plastik, botol kaca, kaleng, bahkan popok bayi. Sampah-sampah ini ditemukan berserakan  dipinggir jalan raya trans papua, dibawah shelter yang terdapat di Permandian Biras serta masih terdapat mengapung di Kolam Permandian Biras.  Total keseluruhan sampah yang berhasil dikumpulkan adalah sekitar 500 kg. Selanjutnya keseluruhan sampah tersebut di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir untuk diproses lebih lanjut.

Banyaknya sampah yang ditemukan kemungkinan disebabkan oleh akses jalan raya yang mudah dijangkau masyarakat sehingga masyarakat dapat dengan mudah membuang sampah dalam kawasan hutan. Penyebab lainnya adalah kawasan Permandian Biras dan Bumi Perkemahan adalah kawasan wisata yang ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya. Lokasi wisata biras dan Bumi Perkemahan terletak di pinggiran Jalan Trans Papua yang merupakan jalan penghubung antar kabupaten yang ada di papua  dan merupakan lokasi yang bisa digunakan masyarakat sebagai tempat persinggahan.

 

Aksi Bersih sampah ini selain untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional 2020, dipakai pula sebagai mempererat kerja sama dan kekompakan antar pegawai  Balai Taman Nasional Wasur dengan visi untuk menjaga kawasan Taman Nasional Wasur dari sampah dan mengampanyekannya pada pengunjung di Taman Nasional Wasur agar menjadikan konservasi alam sebagai bagian dalam kehidupan kita.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Wasur

Penulis : Deby Sita Dalnaris, S.Hut. / Calon PEH BTN Wasur

Foto dan video : Wahono / Pengolah Data BTN Wasur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini