Menindaklanjuti Laporan Adanya Buaya yang Sering Muncul di Kanal Dekat Pemukiman Masyarakat

Jumat, 13 Maret 2020

Pekanbaru, 11 Maret 2020. Tim Resort Dumai beserta Manggala Agni Daop Dumai melakukan pengecekan satwa Buaya (Crocodilus porosus) di RT 13 dan 14 JL. Pematang Duku, Kel. Tanjung Penyembal, Kec. Sungai Sembilan.

Sehari sebelumnya Balai Besar KSDA Riau menerima laporan adanya Buaya yang sering muncul dan sudah meresahkan di kanal dekat pemukiman masyarakat. Kepala Balai Besar KSDA Riau melalui Kasi Konservasi Wil.lV, bapak M. Zanir memerintahkan tim segera melakukan pengecekan. Setelah berkoordinasi dengan aparat setempat, Tim segera melakukan  pengecekan ke lokasi bersama aparat dan staf dari kelurahan. Memang ditemukan beberapa bekas cakaran Buaya di lokasi pengecekan atau tempat berjemurnya Buaya yang sering muncul.

Lokasi tersebut merupakan kanal dengan ukuran ±4 meter yang airnya mengalir tembus ke laut sekitar ±3 km dan di sepanjang kanal merupakan pemukiman masyarakat. Terdapat 2 lokasi tempat penjualan ayam potong yang limbahnya langsung dibuang ke kanal. Masyarakat sekitar meminta dilakukannya penangkapan Buaya untuk mencegah adanya korban.

Tim segera melakukan pemasangan spanduk dibeberapa titik daerah rawan Buaya. Tak lupa Tim menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memotong ayam dan membuang  limbahnya ke kanal atau sungai yang dapat memancing Buaya datang. Selalu berhati hati dan menghindari aktifitasnya langsung ke sungai/kanal. Tidak mengganggu atau menyakiti Buaya, karena merupakan satwa dilindungi.

Tim lalu memberikan beberapa spanduk serupa kepada RT 13 dan RT 14 untuk dipasang di lokasi lain yang sering dijadikan tempat anak anak berenang.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini