Kompak, Balai KSDA Yogyakarta dan Gembira Loka Zoo Sosialisasikan Tumbuhan Satwa Liar Kepada Siswa SLTP

Jumat, 22 November 2019

Yogyakarta, 22 November 2019. Balai KSDA Yogyakarta bekerjasama dengan Gembira Loka Zoo lakukan sosialisasi Tumbuhan Satwa Liar (TSL) kepada siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Hari Kamis (21/11/19).

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Untung Suripto, mewakili Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi. Kegiatan ini diikuti oleh 42 siswa dan 6 guru pendamping, dengan materi sosialisasi meliputi: Bina suasana kelas, Pengenalan BKSDA dan kawasan konservasi, Pengenalan satwa liar dilindungi dan zoonosis, Pengawasan peredaran TSL dan Pengenalan Satwa oleh Gembira Loka Zoo.

Dalam sambutannya, Untung Suripto menjelaskan mengenai tujuan pelaksanaan sosialisasi TSL tersebut. “Sebagaimana arahan Bapak Kepala Balai, generasi muda adalah faktor penting yang akan medukung upaya konservasi di masa mendatang. Melalui kegiatan sosialisasi ini kita berharap dapat mengenalkan tumbuhan dan satwa liar dilindungi ini sejak dini. Dengan demikian para siswa akan memiliki kesadaran, kepedulian dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mendukung upaya konservasi satwa liar. Pada kegiatan ini, Balai KSDA Yogyakarta juga menggandeng mitra Gembira Loka zoo yang merupakan salah satu Lembaga Konservasi yang ada di Yogyakarta dan memiliki program Satwa Masuk Sekolah (SMS) yang mendukung kegiatan sosialisasi ini.” Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi TSL ini disambut baik oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pihak sekolah meminta adanya program lanjutan terkait pendidikan konservasi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, terlebih lagi di sekolah tersebut juga memiliki program Cinta satwa sekolah adiwiyata mandiri.

Diakhir kegiatan, siswa diajak berfoto bersama dengan satwa yang dibawa Gembira Loka zoo yaitu Phyton morulus albino, Burung Macau dan Awetan Kura-kura Aldabra.

 

Sumber : Dyahning R (PEH Balai KSDA Yogyakarta)


 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini