Pemasangan Camera Trap Di Taman Nasional Zamrud

Kamis, 14 November 2019

Pekanbaru, 14 November 2019. Tujuh orang petugas Balai Besar KSDA Riau pada tanggal 8 November silam yang dikomandoi Polisi Kehutanan Rafles Sitinjak menuju ke Taman Nasional Zamrud, Kec. Dayun, Kab. Siak untuk melakukan pemasangan Camera Trap di Taman Nasional tersebut. Hal ini terkait dengan laporan sebelumnya yang menyampaikan bahwa sekelompok pekerja melihat kemunculan satwa dilindungi Harimau Sumatera, bahkan mengambil gambarnya melalui video dan sempat viral di masyarakat. Tanpa menunggu waktu, bapak Suharyono melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah II, bapak Heru Sutmantoro menurunkan timnya guna memonitor satwa liar dilindungi tersebut.

Di lokasi, tim menjumpai beberapa jejak di jalan induk BOB PT. BSP. Terlihat kurang jelas, namun diameter jejak masih dapat diukur 11 cm. Tim melakukan pemasangan sebanyak 5 Camera Trap di dalam kawasan TN Zamrud, lokasi pemasangan berada di areal yang disinyalir lintasan satwa Harimau Sumatera. Dua kamera trap yang terpasang dilokasi menampakkan kemunculan satwa Harimau yang beredar di video di mana berada di pipa 23 km 98 jalan induk BOB PT. BSP.

Rencana monitoring akan dilanjutkan dalam rentang waktu setengah bulan kedepan untuk melihat hasil rekaman dari Camera Trap. Semoga satwa Harimau Sumatera tetap terjaga dan masyarakat dapat tetap selamat melakukan aktivitasnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini