Balai TN Berbak Sembilang Berpartisipasi Aktif dalam Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Kolaboratif

Selasa, 12 November 2019

Jambi, Senin 11 November 2019. Balai Taman Nasional Berbak Sembilang ikut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan oleh PILI (Pusat Informasi Lingkungan Indonesia) pada tanggal 06-08 November 2019 di SPTN Wilayah I Suak Kandis tepatnya di Desa Rantau Rasau, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Provinsi Jambi. Kegiatan ini merupakan kegiatan Pelatihan yang ketiga yang telah dilaksanakn oleh PILI, adapun nama kegiatan ini adalah Pengelolaan Kolaboratif Staff Taman Nasional dan Mitra terkait Resolusi Konflik Tenurial dan Pemberdayaan Masyarakat, Taman Nasional Berbak Sembilang”.

Tujuan Pelaksanaan kegiatan Pelatihan ini antaralain: (1) Peserta mampu membuat metode pemberdayaan yang tepat, memetakan potensi dan pemetaan aktor serta kelembagaan dan permasalahannya; (2) Peserta mampu mempraktikkan dan menganalisa potensi ekonomi dan mengidentifikasi potensi yang bisa dikembangkan dalam jangka pendek maupun menengah. Peserta Pelatihan ini berasal dari perwakilan Masyarakat dari Desa Rantau Rasau, Desa Sungai Rambut dan Telaga Limo sebanyak 2 (dua) orang untuk masing-masing desa, sedangkan perwakilan dari Taman Nasional Berbak Sembilang sebanyak 6 (enam) orang. Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Bobby Sandra, SP, M.Si  selaku Kepala SPTN I Suak Kandis.

Dalam Sambutannya Bobby menyampaikan kepada seluruh peserta untuk berperan aktif dalam pelatihan ini untuk meningkatkan soft skill terkait Pengelolaan kolaboratif berbasis masyarakat. “Setiap peserta diharapkan dapat menguasai setiap materi yang diberikan untuk kemudian dapat diaplikasikan dilapangan terkait dengan resolusi konflik tenurial dan pemberdayaan masyarakat”, ujarnya.

Sumber: Mega Putri Armanesa, penyuluh muda BTNBS

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini