Berikan Pelatihan Budidaya Lada, Balai TN Kayan Mentarang Sasar Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Kawasan Penyangga

Selasa, 12 November 2019

Malinau, 12 November 2019. Terletak di beranda paling Utara Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara di ketinggian 400-700Mdpl serta hamparan tanah berbukit yang subur, masyarakat Desa Apau Ping memanfaatkan sebagian besar lahannya untuk sektor pertanian terutama Lada (Sahang). budidaya lada merupakan salah satu komoditas fovorit di kawasan tersebut. disamping berumur panjang, tanaman lada memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Dikembangkan secara otodidak dengan pengetahuan seadanya, budidaya komoditas lada kerap kali berjalan tak sesuai harapan masyarakat. Bahkan dalam beberapa kasus tanaman lada masyarakat tumbuh dengan sangat baik namun tidak kunjung berbuah.

Untuk membantu agar budidaya tanaman lada di Desa Apau ping bisa lebih optimal, Balai Taman Nasional Kayan Mentarang baru-baru ini memberikan pelatihan budidaya lada di Desa Binaan Dema Mading Apau Ping SPTN II Long Alango. Pelatihan ini di ikuti oleh 27 peserta dan menggandeng Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Malinau sebagai pengajar. Dalam pelatihan tersebut, masyarakat diajarkan mengenai pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan yang baik hingga pengelolaan pasca panen. Selama kegiatan berlangsung terlihat antusias masyarakat yang cukup tinggi bahkan pertanyaan dari peserta silih berganti dan menceritakan permasalahan yang dialami selama mengembangkan tanaman lada.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari implementasi penguatan fungsi pengelolaan kolaboratif Taman Nasional Kayan Mentarang dengan prinsip berbagi peran, berbagi tanggungjawab dan berbagi manfaat. Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan budidaya tanaman lada yang berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat di kawasan penyangga Taman Nasional Kayan Mentarang. sehingga diharapkan kerjasama antara Balai TN.Kayan Mentarang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau dalam pembedayaan masyarakat ini dapat terus berlanjut dan berkembang.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini