Balai Besar TaNa Bentarum fasilitasi Balai TN. Kayan Mentarang dan masyarakat studi banding terkait pengelolaan madu hutan

Senin, 11 November 2019

Semangit, 8 November 2019. Balai Besar TaNa Bentarum memfasilitasi kegiatan studi banding dari Balai TN. Kayan Mentarang dan Masyarakat Desa Data Dian Kalimantan Utara merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kapasitas masyarakat Desa Data Dian di bidang budidaya lebah madu. Bertempat di Dusun Semangit, Desa Nanga Leboyan, Kecamatan Selimbau kawasan Resort Semangit, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Selimbau, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah lll Lanjak yang merupakan salah satu dusun penghasil madu lebah hutan dan pusat pengolahan hasil madu lebah hutan APDS (Asosisasi Periau Danau Sentarum)

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 8 November 2019 disambut hangat oleh Bapak A.M Roni Mulyadi selaku Sekdes Nanga Leboyan dan kelompok pengelolah APDS. Sekdes berharap dengan adanya kegiatan studi banding ini rekan-rekan dari Kelompok APDS dapat berbagi ilmu mengenai pengolahan lebah madu yang mana Masyarakat Data Dian Kalimantan Utara masih menggunakan lalau dalam hal budidaya lebah madu

Kegiatan diawali dengan simulasi pembuatan tikung dan cara perlakuan tikung sebelum dilakukannya pemasangan, kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan di pohon yang menjadi sumber pakan lebah madu. Kegiatan selanjutnya yaitu simulasi pemanenan tikung. Bapak Suryadi selaku bagian inspeksi menjelaskan alat serta bahan yang dibutuhkan untuk proses pemanenan serta menjelaskan informasi tambahan mengenai proses pemanenan. Kegiatan dilanjutkan dengan proses pengolahan madu yang telah dipanen di tempat rumah pengolahan APDS.

Bapak Trim Ifung selaku Kepala Desa Data Dian berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan hasil budidaya lebah madu serta penggunaan tikung dapat diaplikasikan di Desa Data Dian. Bapak Suryadi selaku tim inspeksi APDS berterima kasih kepada rekan-rekan Balai TN. Kayan Mentarang serta Masyarakat Desa Data Dian Kalimantan Utara atas kunjungannya di Rumah Pengelolaan Madu APDS, serta kedepannya kegiatan ini dapat menjadi media untuk saling bertukar ilmu dan saling memberikan saran serta masukan sehingga kedepannya akan semakin banyak ilmu yang dapat diterapkan.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini