Road to PERTIKAWAN 2019

Senin, 11 November 2019

Maluku Utara, 11 November 2019. Dalam rangka keikutsertaan Pramuka Saka Wana Bakti Kota Ternate Kwarda Maluku Utara pada event PERTIKAWAN 2019 yang akan dilaksanakan di Cibubur pada tanggal 18-25 November 2019. Kegiatan Training Center dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 5 - 10 November 2019 di dua lokasi berbeda yaitu di Kantor BPDAS Akemalamo dan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Peserta berjumlah 10 orang yang berasal dari 2 sangah yang terdiri dari 5 orang laki dan 5 perempuan.

Selama kegiatan Training Center, peserta diberikan materi tentang pengelolaan kawasan konservasi, metode survey/monitoring satwa, pengelolaan persemaian, pengawetan satwa, survival di kawasan hutan, senam GNPDAS hingga pelatihan panjat dinding. Menurut Muhammad Yusril selaku pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Kota Ternate, "tujuan dari training center ini selain melatih fisik dan mental para peserta, kegiatan Training Center ini juga sebagai bentuk evolusi mental bagi para generasi milenial". Yusril juga menambahkan, "kegiatan ini juga sebagai bentuk pembinaan generasi muda milenial yang peduli terhadap alam dan lingkungan", ujar lelaki yang juga merangkap sebagai instruktur ini.

Selama 5 Hari kegiatan Training center berlangsung tidak membuat para peserta patah semangat. Justru para peserta terlihat lebih bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini. "Ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan materi tentang survei burung dan materi tentang konservasi alam dan langsung bisa mempraktekkan dilapangan. Yang paling seru dari kegiatan ini adalah panjat dinding karena ini juga pertama kali saya mencobanya dan ini sangat mengasikkan apalagi diajarkan langsung oleh instruktur berpengalaman", ujar salah satu peserta asal Ternate.

Rencananya Maluku Utara akan mengirimkan sebanyak 10 peserta untuk mengikuti kegiatan PERTIKAWAN di Cibubur pada 18 - 25 November 2019. Semoga para peserta dari Maluku Utara ini diharapkan bisa menjadi generasi muda pramuka yang selalu semangat serta senantiasa memperbaiki diri dan berperilaku adil terhadap alam dan lingkungan.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini