Kutai Wana Rally ke- XIII TN Kutai

Senin, 11 November 2019

Sangkima, 9 November 2019. Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan Mitra TN Kutai kembali menggelar kegiatan Kutai Wana Rally (KWR) yang ke-13 kalinya di Sangkima Jungle Park Taman Nasional Kutai. Kegiatan KWR pada tahun ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) dan menyemarakkan ulang tahun Kabupaten Kutai Timur. Sebanyak 600 orang peserta dari wilayah Bontang, Kutai Timur dan Samarinda ikut berkompetisi untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Kutai Timur dan hadiah dengan total nilai 20 juta rupiah.

Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan bagi Pemda Kabupaten Kutai Timur. Lanjut Beliau, sesuai dengan tema hari Cinta Puspa dan Satwa liar yaitu “ Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Liar Untuk Indonesia Unggul”, maka salah tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan TN Kutai kepada generasi milenial Beliau menyampaikan bahwa TN Kutai adalah aset berharga bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya masyarakat Kutai Timur.

Pada kesempatan kali ini, Wakil Gubernur Kalimantan Timur Bapak Hadi Mulyadi hadir untuk membuka acara sekaligus meresmikan main gate Sangkima Jungle Park yang merupakan hasil kerjasama antara Balai Taman Nasional Kutai dengan PT. Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan kegiatan KWR dan peresmian Sangkima Jungle Park merupakan acara yang memancing anak muda untuk cinta pada lingkungan, terutama dengan mengenal lebih dalam TN Kutai. Wakil Gubernur Kalimantan Timur juga memberikan piagam penghargaan kepada 10 orang generasi milenial sebagai generasi cinta puspa dan satwa karena kepeduliannya kepada lingkungan yaitu Laskar TN Kutai, Green Generation, Duta Peduli Sampah Kota Bontang dan Putri Pariwisata Kabupaten Kutai Timur. Beliau berpesan agar bekerja keras, bekerja ikhlas dan disertai dengan doa serta senantiasa bekerjasama.

Selain kegiatan lomba lintas alam, ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu peresmian main gate Sangkima Jungle Park meliputi kantor pengelola, ruang souvenir, amphiteater, main gate, toilet, pagar dan landmark Sangkima Jungle Park. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan satwa liar beruang madu (Helarctos malayanus) kepada Balai KSDA Kalimantan Timur. Beruang madu  yang dulunya diserahkan ke TN Kutai adalah korban dari kebakaran hutan yang ada di Bengalon Kabupaten Kutai Timur.

Peserta berkompetisi melalui jalur lintasan lomba sejauh ± 8 km. Meskipun hujan mengguyur saat kegiatan dilaksanakan, tetapi para peserta sangat semangat dan antusias untuk menyelesaikan lomba. Dan akhirnya diperoleh pemenang lomba yaitu juara 1  oleh tim Wana Bakti, Juara 2 tim IMM 3, juara 3 tim Sandal Jepit, Juara 4 tim Mitra Media, Juara 5 Tim Wana Jaya, Juara 6 Tim RTH serta juara tercepat yaitu tim WAB yang dapat menyelesaikan semua rute hanya dalam jangka waktu 1 jam 50 menit.

Selamat kepada seluruh pemenang dan yang belum menang. Sampai jumpa pada KWR XIV.

Sumber: Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini