Visitor Center TN Matalawa Miniatur Pendidikan Konservasi Pulau Sumba

Kamis, 02 Mei 2019

Waikabubak, 30 April 2019. Bertempat di Gedung Visitor Center Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti  (TN Matalawa) telah dilaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Kegiatan ini di selenggarakan dengan melibatkan sekolah-sekolah yang ada di Waikabubak baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). acara ini digelar selama tiga hari mulai tanggal 29 April 2019 hingga 1 Mei 2019, dengan jumlah total yang hadir berjumlah 120 orang.

Rangkaian kegiatan diawali dengan dilaksanakannya permainan outdoor, dengan maksud membangun kreatifitas, kekompakan, konsentrasi dan kebugaran para siswa,  dilanjutkan dengan kegiatan indoor  berupa  pemberian  materi  dengan tema penyadaran lingkungan dan diakhiri dengan pemutaran film dokumenter tentang Bumi di salah satu ruangan visitor center berupa fasilitas bioskop, ruang bioskop ini merupakan satu-satunya yang ada di Pulau Sumba. Pada hari pertama kegiatan ini di ikuti oleh anak sekolah tingkat SMA dilanjutkan bergantian SMP hingga anak SD pada hari-hari berikutnya. Antusiasme para pelajar SD, SMP maupun SMA yang hadir  nampak tergambar secara jelas pada raut muka masing-masing para pelajar, rangkaian kegiatan yang di suguhkan sangat menarik dan menggugah kesadaran pada masing-masing para siswa sekaligus pengalaman pertama mereka menyaksikan bioskop, diakhir acara tersebut dilakukan pemberian sedotan stainless stell yang dapat digunakan berulang kali serta pemberian bibit tanaman perindang kepada seluruh siswa SD, SMP maupun SMA.

Kepala Balai TN Matalawa  Ir. Memen Suparman, MM mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan, harapan dari kegiatan ini, semoga mampu menumbuhkan kesadaran kepada seluruh siswa yang hadir terhadap pentingnya menjaga bumi sebagai tempat tinggal seluruh mahluk hidup, dan juga Kepala Balai berharap fasilitas yang ada di Gedung Visitor Center dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak terutama sebagai miniatur pusat pendidikan kawasan konservasi di Pulau Sumba.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini