Rimbawan Muda PKL di TN Bukit Barisan Selatan

Selasa, 30 April 2019

Kota Agung, Jumat(26/4). Sebanyak 25 orang siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten jurusan Konservasi telah selesai melaksanakan kegiatan PKL di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. PKL dilaksanakan selama kurang lebih 2 (dua) bulan dari tanggal 26 Februari s.d tanggal 26 April 2019.

Selama PKL para siswa melaksanakan beberapa kegiatan yaitu di BPTN I Semaka kegiatan pemeliharaan ekosistem yang diisi dengan kegiatan pembibitan di Kantor BPTN I Semaka, mengeksplorasi potensi wisata Air Terjun Sukaraja di Resort Sukaraja, melakukan pengamatan Rafflesia arnoldi di Rhino Camp. Kegiatan lain dilaksanakan di Pusat Penelitian Way Canguk yaitu Fenologi, pengamatan Siamang, Inventarisasi Satwa dan Tumbuhan, Navigasi darat, Iktiofauna, Pengamatan burung, memasang kamera trap, dan analisis vegetasi.  

Di BPTN II Liwa para siswa melaksanakan beberapa kegiatan yaitu di Resort Balik Bukit para siswa mengidentifikasi jejak satwa, Patroli Pengamanan Hutan, Identifikasi potensi wisata, pengamatan burung, dan tagging pohon damar. Di resort lombok para siwa mengeksplor Danau Ranau yang merupakan salah satu potensi ekowisata yang ada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Di Resort Suoh para siswa mengeksplor potensi wisata yaitu Danau Asam, Kawah keramikan, dan kawah Nirwana.

 

Pada acara penutupan PKL para siswa mempresentasikan hasil dari kegiatan dan mempersembahkan 3 (tiga) lagu ciptaan para siswa  yang berjudul Way Canguk, Suoh, dan Kubuperahu. Tiga lagu tersebut menggambarkan kegiatan para siswa selama PKL. Kepala BBTNBS Ir. Agus Wahyudiyono menyampaikan,”Jiwa korsa yang dibentuk selama pendidikan di SKMA menjadi bekal di dunia kerja”. Kepala BPTN I Semaka Ibu Siti Muksidah, S.Hut., M.Sc. mengapresiasi kemandirian para siwa selama PKL, mereka selama PKL tidak didampingi oleh pembina dari SMK tetapi mereka bisa melaksanakan PKL dengan tertib. 

Alifa Diah Ayu Sekar Kumala salah satu siswi SMK Kehutanan menyampiakan kesannya,”seru, menyenangkan, banyak hal baru yang dieksplor oleh kami terutama yang terkait dengan bidang kehutanan”.

Dalam menghasilkan para rimbawan muda yang mampu menghadapi tantangan dunia kerja di masa yang akan datang para siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten diberi kebebasan yang bertanggung jawab, hal tersebut bertujuan untuk melatih rasa tanggung jawab para siswa di suatu pekerjaan, hal tersebut disampiakan oleh Bapak Tocin selaku pembina siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten.

 

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini