Menjelajahi Hutan Alam TN Bukit Barisan Selatan Bersama Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Lampung

Selasa, 30 April 2019

Kota Agung, 30 Maret 2019. Petugas Teknis Bidang Konservasi dan Petugas SPTN Wilayah 1 Sukaraja Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan melakukan pendampingan kepada mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Lampung dalam melaksanakan kuliah kerja lapangan dengan judul kegiatan pengamatan hutan primer dan sekunder TNBBS di Resort Sukaraja Atas.

Sebelum kegiatan kuliah kerja lapangan dimulai Kepala Bidang Teknis Konservasi Ismanto, S.Hut MM, memberi sambutan kepada mahasiswa “selamat datang di TNBBS selamat menyusuri hutan dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini, tetap jaga ucapan dan perilaku selama di dalam hutan, dan jangan lupa cukup tinggalkan jejak dan kenangan di dalam sana yang lainnya bawa pulang”. Begitulah sepenggal kalimat pembuka yang disampaikan Kabidtek TNBBS.

Kegiatan kuliah kerja lapangan diikuti oleh 53 mahasiswa yang terdiri atas 48 mahasiswa perempuan dan 5 mahasiswa laki-laki, 2 orang dosen pembimbing, dan 5 orang asisten pratikum, dan didampingi oleh 8 petugas TN Bukit Barisan Selatan. Rombongan mahasiswa sampai di Resort Sukaraja Atas pada pukul 11 siang dan berkumpul di Rhino Camp lokasi dan camp tempat rombongan mahasiswa menginap. Setelah makan siang dan beristirahat petugas pendamping dari TNBBS serta dosen memberikan pembekalan kepada mahasiswa terkait kegiatan yang akan dilakukan di lapangan. Tepat pukul 12.30 rombongan mahasiswa yang telah dibagi kedalam 5 kelompok dan didampingi oleh asisten pratikum dan pendamping lapangan mulai jalan menuju lokasi praktek yang telah dibagi menjadi 5 tempat. Di lokasi yang telah ditentukan mahasiswa melakukan pengamatan di petak ukur berukurang 5 x 5 meter dan mengamati tumbuhan bawah, semai, pancang, tiang, dan pohon serta liana yang ada di petak ukur tersebut. Pengamatan selanjutnya dilaksanakan keesokan harinya di lokasi yang berbeda dengan mengamati suhu dan kelembaban yang ada di Resort Sukara Atas. Setelah selesai pengamatan dan praktek mahasiswa, dosen, dan pendamping lapangan berisitirahat dan makan siang bersama dan selanjutnya rombongan mahasiswa pamit meninggalkan TNBBS.

Hutan lestari ketika dimanfaatkan tidak melebihi riapnya, riap ilmu tak akan pernah habis maka ambil ilmunya, lestarikan kayu dan manfaat intangibelnya.

 

Sumber: Humas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini