Pelatihan Operator SMART Tingkat Operator Resort Lingkup BPTN I Semaka Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Selasa, 30 April 2019

Gisting, 30 April 2019. Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan bersama mitra kerja WCS-IP melakukan pelatihan operator SMART (Spatial Monitoring And Reporting Tools) Kamis (20/3) lalu. Bertempat di Gisting, Kabupaten Tanggamus, kegiatan ini dihadiri oleh kepala SPTN Wilayah I dan II, serta diikuti oleh kepala resor dan perwakilan dari 8 (delapan) resor BPTN Wilayah I Semaka. Resor-resor tersebut, antara lain: Sukaraja, Pemerihan, Way Nipah, Way Haru, Ngambur, Biha, Ulu, Belu dan Tampang.

“SMART mampu menyajikan data riil yang terukur, akurasi, data terstandarisasi dan lengkap, serta user friendly. Hal ini dapat membantu polhut dengan mitra dan MMP dalam mengumpulkan dan melaporkan data hasil patroli darat yang dilakukan,” papar Hagnyo Wandono, selaku pemateri pelatihan.

Selama tiga hari, peserta diberikan materi dan pelatihan penggunaan sistem SMART sebagai alat bantu dalam pelaporan kegiatan patroli. Data yang diinput ke dalam sistem, selanjutnya dapat dianalisis dan diajukan sebagai salah satu dasar pengambilan kebijakan lingkup Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan. 

“Selain hadir di lapangan dan terlibat dalam kegiatan masyarakat, sebagai pemangku kawasan, kita harus memiliki data dan informasi yang lengkap pula. Itulah salah satu fungsi adanya SMART untuk membantu terkumpulnya data dan informasi yang lengkap,” ujar kepala SPTN Wilayah II Bengkunat, Jimmy Fonda.

 

Sumber: Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini