Konsultasi Publik Draft Evaluasi Zonasi TN Matalawa

Selasa, 30 April 2019

Waingapu, 29 April 2019. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan kawasan Taman Nasional adalah sistem zonasi yaitu sistem yang membagi kawasan menjadi ruang-ruang untuk dikelola sesuai jenis tapaknya. Beberapa faktor turut mempengaruhi penetapan zonasi ini, antara lain: potensi sumber daya alam dan ekosistem; kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sekitar; tingkat interaksi dengan masyarakat; dan kepentingan efektifitas pengelolaan. Oleh karena itu, pihak-pihak terkait perlu duduk bersama dalam merumuskan zonasi kawasan Taman Nasional.

Bertempat di Hotel Padadita, Waingapu, Sumba Timur, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) menyelenggarakan konsultasi publik revisi zonasi kawasan taman nasional. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat eselon hingga kepala resort lingkup Balai TN Matalawa sebagai narasumber, serta dihadiri oleh Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan Camat yang berbatasan langsung dengan kawasan TN lingkup Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat, dan Sumba Tengah, serta mitra Balai TN Matalawa.

Dalam sambutannya Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilakukan untuk melaporkan pemutakhiran data lapangan sebagai dasar penentuan arah kebijakan penyesuaian zonasi dalam pengelolaan kawasan. Target besar dari evaluasi dan revisi zonasi perlu adalah melakukan optimalisasi dan efektifitas pengelolaan kawasan TN untuk meningkatkan manfaat kawasan TN terhadap pembangunan  daerah dan kesejahteraan masyarakat. Rapat ini menghasilkan sebuah kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara berisi dukungan para pihak yang hadir terhadap draft revisi zonasi TN Matalawa.

 

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini