Penyerahan Chainsaw Ke-105 Kepada Balai TaNaGuPa dan ASRI, Bukti Warga Peduli Kelestarian Alam

Senin, 29 April 2019

Kayong Utara, 29 April 2019 – Balai Taman Nasional Gunung Palung (TaNa GuPa) dalam menyelesaikan permasalahan gangguan kawasan bermitra dengan para pihak. Salah satu mitra Balai TaNa GuPa adalah Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI). ASRI bekerja sama dengan Balai TaNa GuPa salah satunya melalui program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimulai sejak Januari 2017. Dalam program UMKM ini, masyarakat yang menyerahkan chainsaw-nya kepada ASRI akan mendapatkan modal usaha untuk kegiatan bisnis bersama. Bisnis bersama tersebut akan menjadi alternatif mata pencaharian bagi mantan pelaku penebang liar sebagai upaya menanggulangi penebangan liar di kawasan TNGP.

Penyerahan chainsaw tukar putus ke-105 dari masyarakat kepada Balai TaNa GuPa  dan ASRI dilakukan pada selasa (23/4), yaitu oleh Bapak Muhamad Soleh atau akrab dipanggil pak Tole (48) warga desa Sedahan Jaya Dusun Tanjung Banjar Kab. Kayong Utara. Chainsaw yang telah diserahkan kepada pihak ASRI selanjutnya akan ditukar dengan uang modal usaha dagang. Bapak Tole menyerahkan chainsawnya untuk ditukarkan ke modal usaha peraih (berjualan keliling ikan, sayur, buah,dll)

Yayasan ASRI yang diwakili oleh Agus, mengatakan bahwa Berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2017 ada sekitar 150 orang penebang liar, dan pada tahun 2019 ini kami berencana untuk melalukan survey kembali, karna faktanya penjualan chainsaw masih tinggi. Harapan saya semoga lebih banyak lagi penebang liar yang beralih profesi, meskipun pendapatannya tinggi tapi pekerjaan tersebut beresiko tinggi.”

Salah seorang Polisi Kehutanan dari Balai TaNa GuPa  berharap masyarakat bisa lebih sejahtera dan berharap kegiatan penebangan liar dapat semakin berkurang. “Semoga masyarakat yang sudah menyerahkan chainsawnya bisa lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya. Dan semoga masyarakat yang belum menyerahkan bisa segera mengikuti jejak yang lain, dalam arti kata yang sudah menyerahkan chainsawnya. Tentunya saya juga berharap kegiatan penebangan liar di TaNa GuPa bisa sangat berkurang bahkan tidak ada lagi penebangan liar di TaNa GuPa.”

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Palung (TaNa GuPa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini