Polhut Balai TN Bukit Tiga Puluh Berantas Sawit Sampai Seakar-akarnya

Senin, 29 April 2019

Rengat, 29 April 2019. Petugas Polisi Kehutanan (Polhut) pada 18 sampai dengan 24 April 2019 lalu, melakukan pencabutan tanaman sawit masyarakat yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) di wilayah kerja Resort Lahai. Resort Lahai berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Belilas Riau Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Sebelum pencabutan sawit, tim telah berkoordinasi dengan kepala desa setempat dan melakukan upaya persuasif berupa pendekatan personal dengan pemilik yang ternyata berasal dari luar wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.

Polhut TNBT bahu membahu dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) mencabut sawit yang terlanjur ditanam tersebut. Lokasi pembersihan atau pencabutan tanaman sawit ini berada di 2 (dua) lokasi dengan estimasi luasan 10 Ha. Petugas menggunakan alat dodos dan parang untuk mempermudah pencabutan tanaman sawit yang rata-rata berumur setahun. Secara umum kegiatan berjalan lancar dan aman. Adapun areal yang telah dibersihkan akan dilakukan rehabilitasi dengan tanaman kehutanan dan tanaman hutan (buah-buahan) yang bermanfaat bagi masyarakat setempat (sekitar kawasan TNBT). Selain itu patroli pengamanan hutan akan diperketat dan mengoptimalkan peran serta MMP binaan Balai TNBT.

Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) memiliki aksesibilitas yang relatif tinggi. Lokasinya yang cukup dekat dengan jalan lintas timur Sumatera cukup besar memberi pengaruh terhadap ancaman dan gangguan kawasan. Semakin banyak masyarakat pendatang yang melakukan imigrasi dan mengelola lahan, yang mana tanaman sawit masih dianggap primadona. Rendahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat pendatang akan kawasan TNBT menjadikan mereka asal saja mengelola kebun. Hal ini yang menyebabkan munculnya keterlanjuran tanaman sawit di dalam kawasan TNBT.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini