Supervisi Kepala Balai TN Matalawa di Tiga Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2019

Waingapu 27 April 2019. Guna meningkatkan perekonomian masyarakat  desa penyangga, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder salah satunya dengan masyarakat. keberhasilan Balai TN Matalawa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat didukung oleh pendampingan secara intensif ke kelompok masyarakat melalui pemberian pelatihan dan serangkaian kegiatan peningkatan usaha ekonomi produktif dengan mengusung  potensi yang di miliki Desa tersebut. 

Kali ini Kepala Balai  TN Matalawa Ir. Memen Suparman, MM melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan supervisi kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional II Lewa. Kunjungan ini difokuskan di tiga desa, diantaranya: Padiratana, Kambata Wundut dan Bidipraing. Kunjungan ini didampingi oleh kepala SPTN 2 Lewa Judy Aries Mulik, STP serta beberapa petugas Balai TN Matalawa. Adapun bentuk usaha ekonomi produktif yang berhasil dikembangkan hingga saat ini, diantaranya adalah usaha ternak itik petelur di Desa Padiratana, pembuatan jamu tradisional di Desa Kambata Wundut, pembuatan aneka keripik di Desa Bidipraing. Program pemberdayaan ini mendapat perhatian khusus dari Balai TN Matalawa mengingat tekad yang kuat dari Balai akan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Penyangga .

Pada kunjungan kerjanya Kepala Balai berdiskusi secara langsung dengan kelompok masyarakat terhadap capaian usaha dan rencana pengembangan kedepan  dan memberi motivasi kepada kelompok agar terus aktif dalam membangun usaha yang telah dicapai saat ini dan Kepala Balai akan terus mendukung pengembangan usaha-usaha turunannya, baik melalui pendampingan dan membantu dalam pemasaran produk-produk hasil olahan masyarakat.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini