Pelatihan Membatik Dengan Pewarna Alami Bagi Masyarakat di Sekitar TN Kutai

Minggu, 28 April 2019

Bontang, 25 April 2019. Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan Mitra TN Kutai melakukan pelatihan membatik menggunakan pewarna alami dari buah mangrove (Rhizophora dan Xylocarpus) serta Ulin (Eusideroxylon zwageri). Kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan kapasitas masyarakat yang berada di sekitar kawasan TN Kutai selama 2 hari (24 dan 25 April 2019) diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari RT. 09 Kelurahan Bontang Baru, RT. 13 Kelurahan Bontang Kuala, Desa Sangkima dan 15 orang Dharma Wanita TN Kutai. Instruktur dalam pelatihan ini juga berasal dari masyarakat sekitar TN Kutai.

Kegiatan dibuka pada tanggal 24 April oleh Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S. Hut., M.Sc.  dihadiri anggota Mitra TN Kutai, Kepala Desa Sangkima, Ketua RT. 13 Bontang Kuala dan Bumi Edukasi Bogor. Hari pertama pelatihan diisi dengan materi singkat dan dilanjutkan dengan praktek membatik. Dengan antusias peserta mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Dari ketiga pewarna alam yang digunakan tersebut dapat dihasilkan berbagai macam warna yang sangat menarik.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan praktek, evaluasi dan penutupan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Kutai Bapak Siswadi, S.Hut., M.Ec.Dev., MA. Dalam evaluasi, peserta cukup paham dengan proses membatik karena peserta mempraktekkan sendiri proses membatik hingga menjadi satu produk batik. Selain itu peserta sangat mengharapkan adanya pelatihan lanjutan sehingga peserta semakin mahir dalam membatik.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, masyarakat bisa tertarik untuk menekuni dunia batik dengan menggunakan pewarna alam yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penggunaan pewarna alam yang ada di TN Kutai untuk membatik ini merupakan salah satu bukti bahwa adanya TN Kutai dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Semoga masyarakat sejahtera dan TN Kutai tetap lestari.

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini